Home » Umum

Cara Mengusir Tikus di Rumah

cara mengusir tikus di rumah

Banyak cara mengusir tikus di rumah. Pilihan cara aman serta tidak membuat tikus-tikur penasaran untuk datang kembali ke rumah Anda perlu diantisipasi. Tikus senang hidup di rumah Anda, sebab mereka menikmati segala yang serba ada di rumah Anda, tempat yang nyaman digudang misalnya, bawah kolong lemari yang kotor, terlebih banyak sekali makanan sisa yang merupakan santapan lezat bagi mereka.

Jadi guna mengeliminasi hal itu Anda haruslah menyimpan makanan ke dalam wadah yang benar-benar tertutup dan rajin membersihkan rumah secara berkala. Cara mengusir tikus amat membuat kita semua terkadan frustasi. Gunakan mesin penghisap debu atau sapu, untuk bersihkan debu-debu, sisa-sisa makanan yang tidak terlihat di semua lantai ruangan rumah terutama di bagian-bagian yang tidak terlihat seperti bawah sofa, kolong lemari, kolong tempat tidur dan lain-lain.

Mencegah Datangnya Tikus

Bagaimana rumah Anda akan bebas dari tikus, sementara Anda terus memberinya makan. Pada paragraph di atas sudah kami uraikan bahwa Anda telah tidak sengaja memberinya makan dengan membiarkan sisa-sisa makan tercecer di lantai. Agar rumah tidak ada tikus, ada baiknya Anda cermati beberapa tips dari artikel ini. Karena sebagian besar tikus di rumah adalah binatang nokturnal serta takut dengan cahaya terang (tapi tak jarang pula mereka mencari makan pada siang hari). Tikus rumah layak juga disebut binatang omnivora yangagar rumah tidak ada tikus oportunis, ini karena tikus memakan apapun yang bisa mengenyangkan mereka, bahkan tidak jarang  ada tikus yang memakan sabun mandi batangan.

Rumah Bebas Tikus

Cara membuat rumah bebas tikus,  ini tentu akan sia-sia jika tikus tetap saja dapat masuk dari luar. Maka cobalah Anda mengelilingi eksterior rumah dan cari lubang, ataupun celah, yang membuat  tikus bisa masuk. Usakan untuk menutupi dengan bahan yang kuat, karena tikus cukup kuat untuk melubang beberapa jenis papan, terlebih papan triplex. Dan jangan lupa memeriksa di bawah lis atap. Anda pastikan lubang ventilasi tertutup dengan kaca ataupun wiremesh yang kuat. Perhatikan celah pintu cukup rapat hingga tak menyisakan sedikitpun celah yang membuat tikus dapat lewat. Biasakan menutup tempat sampah kembali setelah menggunakannya. Jika semua ini Anda jalani, setidaknya akan membuat tikus menjadi tidak betah berada di rumah Anda dan akan mencari tempat lain yang lebih nyaman.

Memasang Perangkap Tikus

Jebakan tikus cukup efektif untuk mengurangi populasi tikus, atau setidaknya mereka akan lebih tidak nyaman. Menggunakan perangkap tikus ini bisa saja berulang kali, namun berilah jeda beberapa minggu agar tikus-tikus tidak dapat mengingat strategi ini, ingat bahwa tikus adalah hewan yang cukup pintar untuk jatuh ke lobang yang sama, terlebih jika Anda memasang jebakan beberapa hari berturut-turut. Selain perangkap tikus konvensional, saat ini juga banyak dijual di pasaran perangkap tikus elektrik. perangkap tikusPrinsip kerjanya sama dengan perangkap konvensional, tapi ada juga teknologi maupuan cara mengusir tikus dengan suara bernada tinggi, karena pada dasarnya tikus amat tidak suka dengan suara dengan decible tinggi.

Membasmi Dengan Racun Tikus

Memang cara ini sebetulnya berbaha bagi Anda terlebih anak-anak, tapi memang cukup efektif terlebih disaat populasi mereka mulai melonjak tinggi. Racun tikus biasanya ditaburkan pada makanan perangkap. Setelah tikus tersebut melahap makanan beracun ini, maka tidak lama kemudian racun akan bekerja. Kekurangan lain dari racun ini selain berbahaya bagi Anda dan anak-anak, si tikus tidak akan mati langsung. Mereka akan mencari tempat bersembunyi untuk kemudian mati. Maka bangkai tikuspun akan sulit Anda temukan, dan tentunya bau bangkai mereka akan sangat mengganggu.

Hindari Untuk Menyimpan Barang Tidak Berguna

Kebiasaan kita adalah bahwa kita amat sayang kepada barang-barang lama seperti lemari yang sudah tidak terpakai, baju-baju lama, kain-kain gorden yang tidak terpakai dan lainnya. Memang pada kenyataannya kita sering berpikir bahwa amat sayang untuk membuangnya, namun ini adalah awal dari semakin sempitnya rumah, semakin semrawutnya rumah dan memberi peluang bagi tikus-tikus untuk menjadi betah. Untuk itu jika merasa cukup sayang untuk dibuang, maka berikanlah pada kerabat maupun keluarga yang sekiranya masih membutuhkan. Atau bisa juga Anda menjual murah kepada mereka.Racun tikus

Kalau dihitung antara rugi dan untungnya menyimpan barang-barang lama, maka tentu akan lebih banyak ruginya. Selama anda menyimpan mereka, berapa banyak space yang sudah terpakai, berapa banyak debu terkumpul di celah-celah semua barang tersebut, dan yang lebih merugikan lagi bahwa berapa banyak tikus dan hewan-hewan pengganggu lainnya yang sudah bersembunyi di balik barang-barang tersebut. Toh pada akhirnya setelah barang tersebut lapuk atau semakin penuh, Anda akan membuangnya juga. Ketahuilah bahwa orang Jepang paling anti untuk menyimpan barang yang sudah tidak terpakai.

Pikirkan Sebelum Membeli Perabot

Anda harus memikirkan daya tampung rumah sebelum memenuhi hasrat membeli perabot berlebih. Kenyataan saat ini banyak sekali di antara kita yang terlalu bernafsu untuk membeli perabotan baru, sementara daya tampung rumah ataupun ruangan sudah tidak memadai. Trend saat ini seperti konsep rumah minimalis dapat Anda jadikan konsep dalam mendekor rumah, karena konsep ini menghindarkan  penggunaan perabotan berlebih, yang dalam konteks ini dapat menjadi tempat persembunyian kawanan tikus. Semoga artikel ini dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin mengetahui cara mengusir tikus.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 7.0/10 (6 votes cast)
Cara Mengusir Tikus di Rumah, 7.0 out of 10 based on 6 ratings

Baca Artikel Menarik Lainnya...!

facebook
facebook