Home » Referensi

Tips Untuk Membeli Kamera CCTV

- -

Melalui artikel Tips Untuk Membeli Kamera CCTV ini, kami harap bisa dijadikan pedoman bagi Anda dalam membeli produk canggih tersebut. Di pasa Saat ini amat banyak merek kamera yang dijual, dan ironisnya tidak semua orang mengerti betul mengenai seluk beluk jenis kamera CCTV. Banyak orang yang beranggapan bahwa CCTV berfungsi hanya sebatas alat untuk memonitor saja, belum dapat berfungsi sebagai surveillance.




Tips atau cara memilih kamera CCTV sama seperti Anda memilih TV, banyak jenis, tipe dan merk. Seperti untuk televisi sekarang ini dipasar terdapat pilihan layar cembung, LCD, TV LED, superslim, Plasma, flat, Digital, manual dan lain-lain. Pilihan yang banyak untuk produk TV memang banyak, tapi masyarakat dapat memutuskan mana yang cocok untuk dibeli karena memang produk TV sudah cukup familiar. Tapi lain halnya untuk produk CCTV, kebanyakan atau sebagian besar masyarakat pasti akan dibingungkan tipe, jenis serta merk CCTV apa yang mereka perlukan.

Saat ini permintaan pasar akan kamera CCTV sudah terlalu banyaknya, baik untuk dipasang di rumah, kantor, hotel, apartemen maupun untuk dipasang di toko. Umumnya pembeli berharap CCTV ini dapat memberikan informasi yang realtime mengenai kondisi ruang atau tempat tertentu . Yang membuat pembeli semakin bingung dan rentan untuk menjadi kecewa nantinya, adalah karena banyak penjual yang menawarkan dan mereferensikan CCTV yang bagus tersebut hanya dari merek saja dan tidak spesifikasi teknis mengenai perangkat ini. Malah banyak penjual yang terkadang melebih-lebihkan keunggulan sebuah merk karena hanya ingin meraup keuntungan semata.

Berikut beberapa tips dari kami yang dapat dijadikan pedoman membeli CCTV :tips-untuk-membeli-kamera-cctv

  • Cari tahu dulu mengenai profil penjual yang menawarkan produk tersebut, juga cari tahu mengenai pengalaman mereka. Banyak penjual dadakan yang hanya menjual CCTV dan tidak mengetahui seluk beluknya, jadi pembeli tidak bisa konsultasi lebih lanjut mengenai jenis, tipe dan merk apa yang cocok untuk tujuan mereka.
  • Setidaknya bagi penjual yang berpengalaman, seharusnya sudah memiliki portofolio. Artinya mereka sudah pernah melakukan instalasi di beberapa lokasi, baik perkantoran ternama, pusat perbelanjaan ternama atau apartemen ternama di sebuah kota.
  • Untuk Penjualan Paket Kamera CCTV biasanya akan ditawarkan dalam ukuran 4 chanel,8 chanel,16 chanel dan 32 chanel. Nantinya kamera akan disesuaikan dengan DVR nya. Sebelum Anda menentukan berapa jumlah kamera yang akan dipasang di sebuah ruangan, sebaiknya terlebih dahulu Anda mengetahui dan menentukan angle atau sudut mana yang perlu dipasangkan kamera, Anda terlalu percaya dengan saran penjual yang akan memasang. Misalnya penjual akan menyarankan kamera untuk diletakkan di posisi tertentu, karena memang posisi tersebut memudahkan untuk instalasinya, atau penjual menyarankan agar kamera diletakkan pada posisi tertentu agar pada akhirnya akan terlalu banyak kamera yang dibutuhkan, supaya dapat menjangkau view keseluruhan dari sebuah ruangan. Anda tentunya tidak rela harus membeli 4 kamera untuk sebuah ruangan, jika sebetulnya dengan membeli 2 atau 3 kamera saja sudah cukup.
  • Lihat dan pelajari spesifikasi teknis dari perangkat kamera CCTV, sebaiknya Anda belil perangkat kamera CCTV yang memiliki spesifikasi jelas dan lengkap. Jangan hanya berpedoman kepada merek atau Harga paket CCTV Murah, bisa jadi murah karena mutu, kualitas serta spesifikasi yang rendah.
  • Untuk komponen DVR, kompresi yang diberikan saat ini sudah memenuhi format JPEG2000, MPEG4 serta networking. Ini memungkin DVR tersebut dapat diakses melalui internet ataupun jaringan lokal. Karena hasil rekaman maupun gambar yang sudah terkompresi dengan baik.
  • Media penyimpanan hasil rekaman atau Storage DVR yang umumnya ditawarkan dlm satuan byte, saat ini tren kapasitasnya adalah Gigabyte, namun jika kocek Anda mencukupi sebaiknya beli storage yang memiliki satuan kapasitas Terabyte, karena dapat  menyimpan hasil rekaman yang lebih besar. Umumnya yang paket CCTV empat kamera atau 4 chanel ditawarkan minimal sebesar 160 Gigabyte.

Sediki mengenai tips instalasi atau Pemasangan Paket CCTV :

  • Untuk teknis lapangan pada saat pemasangan di rumah Anda misalnya, pandai-pandailah Anda dalam mengambil hati si pemasang. Mereka hanya karyawan atau buruh biasa, jadi jika mereka merasa sedikit kesal dengan segala instruksi Anda di lapangan, baik karena Anda terlalu cerewet atau cara penyampaian yang tidak benar, ini akan berimbas pada produk yang dipasang. Bisa saja mereka memasang dengan sembrono.
  • Pemasangan di lapangan nantinya sebetulnya cukuplah rumit dalan hal jaringan kabel, oleh karena itu Anda jangan terlalu memaksakan si pemasang agar menyelesaikan pekerjaan dalam waktu singkat. Lebih baik agak sedikit lambat daripada nantinya kabel-kabel tersebut dipasang dengan ceroboh.

Cara Membeli kamera CCTV satuan, atau secara paket? Untuk ini sebenarnya kembali pada diri Anda sebagai pembeli, tapi kami menyarankan membeli dengan sistem paket saja karena mereka tentunya akan bertanggung jawab mulai dari unit kamera itu sendiri sampai dengan proses pemasangan nantinya. Tentunya kita akan kecewa jika kamera bermasalah setelah terpasang, dan pemasang tidak mau dipersalahkan karena merasa bahwa kamera memang sudah bermasalah pada saat sebelum dipasang, sedangkan penjual kamera CCTV berpendapat bahwa kesalahan ada pada pihak pemasang.