Home » Umum

Rumah Yang Lembab

- -

Penyebab Rumah Lembap rumah bisa oleh beberapa hal, antara lain adalah:

  • Sirkulasi udara yang tidak benar, Tidak lancarnya pergantian udara, dapat menyebabkan udara di dalam rumah tinggi kandungan airnya.
  • Terdapat pada instalasi air ataupun saluran pembuangan air. Kebocoran pada atap yang mengakibatkan masuknya air hujan dapat juga membuat udara di dalam rumah menjadi lembap.
  • Tempat penampungan air yang terlalu banyak. Bak mandi ataupun kolam ikan adalah contoh tempat yang dapat menampung air, dan ini dapat juga meningkatkan kadar air di dalam rumah.

 

Cara Mengetahui Kelembaban Rumah. Suhu atau udara yang lembab dalam rumah disebabkan oleh adanya jumlah kadar air yang berlebihan pada udara di dalamnya. Normalnya untuk kelembapan udara di dalam sebuah ruangan adalah 60% sampai dengan 70% RH. Mengukur kelembapan udara ini, dapat digunakan alah yang disebut hygrometer.

Akibat Rumah Lembab : Jamur amat menyukai berkembang biak di tempat-tempat yang memiliki kelembaban tinggi. Tentunya ini adalah amat merugikan yang bagi manusia, akibat rumah lembab dapat kami jelaskan seperti di bawah ini:

  • Suasana di dalam rumah akan terasa pengab dan berbau tidak sedap. Ini dapat berakibat negatif bagi paru-paru Anda.
  • Berbagai perabut akan lebih cepat rusak. Perabut yang terbuat dari kayu akan cepat lapuk serta yang terbuat dari logam akan cepat berkarat.
  • Bahan-bahan yang terbuat dari kertas seperti buku-buku, foto, surat-surat berharga beresiko menjadi tempat berkembang biaknya jamur dan akhirnya merusak barang tersebut.
  • Bukan hanya itu, peralatan elektronik yang Anda miliki juga cepat rusak karena jamur akan bersarang di dalamnya. Contoh bagian elektronik yang sensitif dengan suhu lembab adalah panel circuit board beserta komponen-komponen di dalamnya.
  • Tembok akan yang tampak kotor serta tentunya tidak menarik lagi untuk dilihat. Plafon pun juga akan terlihat buruk sekali. Intinya jika Anda menerima tamu, maka besar kemungkinan si tamu tersebut tidak berlama-lama di rumah Anda.
  • Dan yang pasti bahwa ini semua bisa mengganggu kesehatan Anda sendiri sebagai penghuni tetap. Alergi ataupun batuk yang dimiliki seseorang sangat mungkin disebabkan karena dia tinggal di  rumah yang pengap karena lembab.

 

Cara Mengatasi Rumah Yang Lembab

Mengatasi rumah yang lembab, bisa melalui beberapa cara, yaitu dengan:

  1. Mencari sumber kelembaban : Yang paling utama ialah bahwa Anda harus mencari tahu apa yang menyebabkan udara dalam rumah lembap. Apakah dikarenakan sirkulasi yang tidak baik atau terdapat kebocoran pada instalasi air di dalamnya. Jika Anda mngetahui penyebabnya dengan pasti, tentu dapat membantu untuk mengatasi solusi mengatasi rumah lembab.
  2. Memasang Kipas angin pada plafond : Kipas angin dapat membantu pergantian udara atau angin di dalam rumah dengan baik, dan ini tentunya juga mengurangi kadar air di dalamnya.
  3. Memasang Exhaust Fan : Exhaust fan sebagaimana yang kita tahu bahwa ida dapat memindahkan udara dari sebuah ruangan ke ruangan yang lainnya, dan tentunya juga bagus jika diterapkan pada ruangan yang lembab agar udara di dalamnya dapat berganti atau bersirkulasi. Dapat dipasang pada ventilasi rumah atau membuat lubang pada tembok seukuran exhaust fan tersebut dengan ketinggian kurang lebih 210 cm dari permukaan lantai.
  4. Menggunakan kapur penyerap air : Anda bisa membeli kapur seperti ini di toko swalayan ataupun supermarket. Kapur penyerap air ini dapat berfungsi untuk menyerap kadar air di dalam sebuah ruangan. Gunakanlah kapur ini dengan menggantinya secara periodic, sebab kapur in memiliki batas daya tampung terhadap air/kelembaban. Jika kapur ini sudah penuh dengan air ataupun sudah menjadi lembab pula, maka ia tidak bisa menyerap air sehingga perlu diganti dengan yang baru.
  5. Dengan menggunakan dehumidifier : Dehumidifier adalah sebuah alat yang memang dirancang untuk dapat mengurangi bahkan menghilangkan udara lembap pada sebuah ruangan. Cara kerja dehumidifier ialah dengan menghisap udara lembap tersebut, lalu mengeluarkan kembali setelah sebelumnya diolah menjadi udara dingin terlebih dahulu. Sehingga alat ini cukup efektif mengatasi ruangan lembab.

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas bahwa Anda perlu mengantisipasi hal ini serta mencari solusinya, sebab sangat fatal akibatnya bagi kesehatan serta kenyamanan Anda sebagai pemilik rumah. Untuk beberapa penjelasan dari kami yang dirasa kurang lengkap, dapat Anda cari informasinya lebih lanjut lagi di internet ini. Semoga informasi ini dapat sedikit membantu mengatasi solusi bagi Anda terhadap rumah yang lembab.