Home » Umum

Pembangunan Masjid Istiqlal

- -

Toleransi dalam beragama yang tinggi dari dulu sudash ditunjukkan oleh umat beragama di Indonesia ini. Masyarakatnya saling membantu kapan membangun sarana ibadah, tak pula kemudian dibantu oleh umat dari agama lain. Demikian juga halnya dalam proses dibangunnya Masjid Istiqlal. Si arsitek Frederich Silaban yang lulusan Academie van Bouwkunst Amsterdam pada tahun 1950 ialah penganut Kristen Protestan yg taat.

Sang arsitek kelahiran Bonandolok, 16 Desember 1912  di Sumatera itu, ialah anak dari pasangan Jonas Silaban Nariaboru. Dalam menyempurnakan rancangan Masjid Istiqlal ini, Silaban telah mempelajari tata cara serta aturan orang Muslim dlm melaksanakan shalat serta berdoa selama sekitar tiga bulan. Selain itu juga, ia mempelajari dari banyak pustaka tentang masjid-masjid yang ada di dunia, guna mepersiapkan pembangunan Masjid Istiglal.dibangunnya-masjid-istiqlal

Pekerjaan pembangunan masjid yang dimulai pada tanggal 24 Agustus 1961 bertepatan dengan hari Maulid Nabi Muhammad SAW. Saat itu Presiden Soekarno langsung bertindak mengepalai bidang teknik dalam pembangunan Masjid Istiqlal tersebut. Tapi, sampai pertengahan tahun 1960-an, pekerjaan pembangunan Masjid Istiqlal pembangunannya tersendat-sendat. Karena di samping iklim politik di dalam negeri yang agak memanas saat itu, juga dikarenakan pembangunannya bersamaan dengan Gelora Senayan, Monas, serta berbagai proyek besar lainnya.

Puncaknya, disaat meletus G 30 S/PKI pada tahun 1965-1966, pekerjaan pembangunan Masjid Istiqlal mulai terhenti sama sekali. Lalu ketika Himpunan Seniman Budayawan Islam merayakan miladnya yang ke-20, beberapa tokoh, pejabat dan ulama tergugah guna segera melanjutkan proyek pembuatan Masjid Istiqlal.

Dipelopori oleh menteri agama yang saat itu dijabat oleh KH M Dahlan, usaya penggalangan dana untuk mewujudkan terbangunnya Masjid Istiqlal digencarkan kembali. Jabatan Presiden Soekarno yang sebagai kepala bidang teknik segera digantikan oleh KH Idham Chalied, dan sekaligus bertindak sbg koordinator panitia nasional Masjid Istiqlal yg baru. Melalui kepengurusan baru tersebut, masjid dengan arsitek Islam >>>>> dengan gaya modern tersebut akhirnya selesai juga pembangunannya.

Pada mulanya, pembangunan Mesjid Istiqlal itu direncanakan memakan waktu 45 tahun. Tapi, dalam pelaksanaannya, pada kenyataannya jauh lebih cepat. Bangunan utama selesai dalam kurun waktu 6 tahun. Tepatnya, 31 Agustus 1967, selesailah Masjid Istiqlal dibangun serta dapat digunakan, yang ditandai dgn berkumandangnya azan pertama pada shalat Maghrib. Tanggal 29 September 1967, pertama kali diadakah shalat Jumat dalam masjid ini. Pembangunan masjid secara keseluruhan diselesaikan dlm kurun waktu 17 tahun saja. Peresmian Masjid Istiqlal diselenggarakan oleh presiden Soeharto pada tanggal 22 Februari 1978.