Home » Dapur

Open Kitchen Atau Dapur Terbuka

- -

Open Kitchen Atau Dapur Terbuka

Open Kitchen atau Dapur Terbuka, biasa kita lihat di café atau restoran. Lalu mengapa kita tidak mencoba untuk menerapkannya di rumah?

Akhir-akhir ini banyak café dan restoran di Indonesia memakai konsep open kitchen atau dapur terbuka . Konsep seperti ini sepertinya dianggap bisa menarik lebih banyak pembeli. Melalui konsep dapur terbuka ini, setiap aktivitas di dalamnya, dapat dilihat oleh pembeli. Mulai dari mengolah bahan, hingga menyiapkan makanan. Konsep seperti ini juga bermaksud untuk menampilkan kualitas bahan serta pengolahan makanan oleh café atau restoran atau cafe bersangkutan.

Konsep Dapur Terbuka terbilang masih unik, sebab di Indonesia, orang masih banyak yang  beranggapan bahwa dapur adalah tabu untuk diperlihatkan pada tamu. Namun seiring berkembangnya jaman, pada gaya hidup yang modern di kota, pemikiran seperti ini sudah tidak lagi berlaku. Menerima tamu di dapur, bukan lagi hal yang aneh. Walau demikian masih sedikit sekali orang yang berani menerapkan konsep Open Kitchen seperti ini.

Dapur dengan konsep terbuka ini memang memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya ialah pemilik rumah haruslah menjaga dapur tersebut agar tetap rapid an bersih. Sebab, setiap bagian dapur akan tampak dengan jelas oleh tamu. Rasa tak nyaman dan malu tentu akan muncul, kalau dapur terlihat berantakan dan kotor.

Umumnya dapur dengan konsep terbuka ini ditempatkan bersebelahan dengan area publik, seperti ruang tamu atau ruang keluarga. Sebagai penyekat, hanya menggunakan dinding kaca atau perabotan tertentu. Dapat juga dengan menggunakan konsep bar, yang pasti jika menggunakan Konsep Open Kitchen , setiap aktifitas kita  di dapur jadi dapat terlihat jelas oleh tamu.

Tips men desain open kitchen , bagi mereka yang belum pede untuk menerapkannya, ialah dengan membagi dapur menjadi dua jenis, dapur bersih dan dapur kotor. Dapur bersih lebih cenderung jarang untuk berantakan, sebab aktifitas di sini biasanya hanya menyajikan makanan atau hanya menyajikan minuman hangat dan dingin. Oleh sebab itu, dapur bersih dapat  Anda pamerkan menggunakan Konsep Dapur Terbuka ini. Sedangkan untuk dapur kotor, yang mana banyak kegiatan yang menyebabkan dapur tersebut cepat kotor, bisa tetap disembunyikan dari tamu.

Dapur Terbuka atau Open Kitchen , selain menarik dan unik, juga menjadi salah satu jalan keluar untuk membuat ruangan terasa sedikit lebih lega. Prinsipnya ruangan-ruangan yang didesain menerus, tanpa penyekat massive atau menggunakan pembatas yang transparan, akan terlihat lebih luas. Nah, bagi kita yang tinggal di apartemen atau rumah susun, konsep seperti ini perlu jadi dipertimbangkan. iDEAonline

 

 

Baca Artikel Menarik Lainnya...!