Home » Landscape

Menata Taman Rumah

- -

Tampilan sebuah rumah yang penuh dengan unsur kotak dan sudut, seringkali membuat sosok rumah terlihat agak kaku. Agar tidak kaku lagi terlihat, mari membuat taman nan indah di depannya.

Pada gambar ini contohnya. Bentuk rumah konvensional serba kotak dan datar tidak lantas membuat rumah tersebut menjadi tidak nyaman untuk dilihat. Ini berkat taman yang diletakkan di depannya. Taman sekaligus menjadi jeda, dari arah luar menuju pintu rumah tersebut.

Taman di depan rumah tersebut terdapat hamparan rumput dengan diisi tanaman perdu dengan aneka warna. Terdapat cansteen yang berfungsi sebagai pembatas antara area rumput dan pedestrian. Ada lampu taman modern sebagai pelengkap terutama penerang di malam hari. Ditumbuhi pula satu-dua jenis tanaman tinggi, seperti pandan Bali.

Pada bagian lain terdapat hamparan batu koral putih dengan pijakan terbuat dari beton batu sikat, yang di pada bagia tepinya diberi list pembatas yang meliuk-liuk. Batu koral yang tersebar selebar 70cm itu adalah merupakan jeda antara si taman dan bangunan rumah itu sendiri. Pada bagian tengah, dgn jarak tiap 40cm, dipasangkan pijakan yang terbuat dari beton batu sikat dengan ukuran 35cmx25cm. Dengan pijakan batu inilah orang yang masuk kerumah tersebut berjalan dari arah carport menuju pintu utama rumah.

Taburan batu tersebut menjadi hardscape yang sangat menarik di pekarangan rumah kita. Penampilannya dapat membuat harmonisasi nan cantik antara fasad rumah dengan taman. Elemen dari bebatuan pada fasad rumah, terdiri dari pasangan batu sala gedang yang di-susun sirih. Unsur batu ini berpadu serasi sekali dengan hamparan batu koral putih serta hiasan pijakan batu sikat. Dilengkapi dengan aneka warna tanaman di taman itu, maka jadilah seluruh tampilan bagian depan rumah Anda menjadi indah.

Sumber: iDEAonline