Home » Landscape

Membuat Taman Sendiri

- -

Taman yang indah dapat Anda buat sendiri. Selain akan menekan biaya, juga bisa untuk mengisi waktu kosong Anda. Daripada hanya cuma melamun sendiri di rumah, desain tamuan Anda dapat juga dijadikan kebanggaan.

Melamun sendiri di teras, boleh saja. Tetapi apa lamunan Anda tersebut bisa menjadi indah, kalau teras di depan rumah berantakan, rumput tumbuh dengan liar atau sisa batu waktu membangunan rumah teronggok di sana. Tentunya lamunan Anda akan kacau dan tidak indah lagi. Bagaimana jika rileks tadi sambil Anda memandangi taman dengan bunga yang warna-warni atau hijaunya dedaunan, atau juga sambil melihat ikan di kolam?

Indahnya taman bukan saja akan membuat mata jadi sejuk, tapi juga akan nyaman di hati serta pikiran kita yang melihatnya. Definisi keindahan antara setiap orang memang berbeda, tapi perbedaan persepsi itulah yang membuat taman jadi sangat beragam. Mungkin bagi Anda taman yang indah adalah yang bernuansa tropis, desain taman tropis bagi Anda bisa lebih nyaman dan indah. Tapi berbeda dengan mereka yang menyukai langgam modern yang minimalis, yg tentunya lebih memilih desain taman minimalis. Dan Anda yang berjiwa cukup romantis, tentunya suka taman yang dipenuhi bunga ber-warna-warni.

Sebetulnya, apapun gaya dan konsep taman, sama cara membuatnya secara prinsip. Lahan atau lokasi harus diolah dan dipersiapkan terlebih dahulu supaya tanaman nantinya dapat tumbuh dengan subur. Sebelum membuat taman sendiri, Anda perlu untuk menanami lahan, juga lihat di mana arah matahari, bangunan, dan lokasi menaman sebuah pohonan. Pengamatan terhadap lokasi yang cerma bisa membuat fungsi taman nantinya masksimal, dan tak cuma sebagai penyejuk di mata tapi juga dapat berfungsi ramah terhadap alam seperti menyaring polusi udara atau suara.

Walau lahan di rumah tak cukup luas untuk membuat taman indah, niat membuat taman tidak harus surut. Terlebih saat ini terdapat banyak cara membuat taman. Misalnya membuat taman kecil, kalau lahan di depan rumah kecil, kita bisa membangun taman di area lain seperti di dak atas rumah. Tentu di sini agak rumit cara menanamnya. Cara termudahnya ialah dengan menanamnya di atas pot atau bak yang telah dibuat sesuai ukuran yang Anda inginkan. Lebih praktis dan sederhana bukan, dan ini dapat Anda terapkan di balkon juga.

mendesain-taman-sendiri

membuat-taman-sendiri

contoh-desain-tamancara-mendesain-tamanbagaimana-membuat-taman-indah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: iDEAonline

Baca Artikel Menarik Lainnya...!