Home » Landscape

Membuat Taman Minimalis Di Rumah Minim Area

- -

Lahan yang sempit sering menjadi alasan dari sebuah rumah untuk tidak memiliki taman. Terlebih lagi dengan aktivitas keseharian si empunya rumah yang super sibuk, dak akhirnya sipemilik tidak mau  direpotkan dengan urusan tanaman dan taman. Padahal kalau dipikir keberadaan sebuah taman, bisa memberikan begitu banyak manfaat. Tak hanya dapat memperindah penampilan rumah minimalis, taman rumah minimalis ini juga berfungsi sebagai penghasil CO2 yang baik untuk lingkungan sekitar dan juga sirkulasi serta penggantian udara, otomatis udara di sekitar akan terasa lebih segar. Nah, bagaimana membuat taman di rumah minim area ?

Ternyata tidak sulit! Untuk lahan yang terbatas, buatlah taman kecil berkonsep minimalis. Taman ini nantinya merupakan taman berkonsep yang menuntut segalah harus praktis. Pilih jenis tanaman (softscape) yang cenderung terdiri dari jenis mudah untuk ditanam, dirawat, tidak rentan hama dan tahan perubahan cuaca. Misalnya, palem, bakung, euphorbia, dan lainnya. Tanaman jenis tersebut tidak perlu terlalu sering disiram. Dan juga, mereka juga tahan terpaan sinar matahari langsung serta perubahan cuaca.

Sebetulnya tidak hanya tanaman atau taman yang perlu diperhatikan dalam membuat rumah minimalis, tapi aksesori dan furnitur juga harus minim dalam hal perawatannya. Pada taman minimalis ini Pilihannya dapat menggunakan elemen batu alam atau menaburkan baru koral. Batu alam dengan berwarna gelap, semisal batu tempel atau batu candi, tidak mudah tampak kotor, hingga tak perlu terlalu sering sering dibersihkan.

Hamparan batu koral, sebenarnya ini dapat juga digunakan untuk pengganti rumput. Tapi bukanlah berarti desain taman minimalis tak boleh ditanami rumput-rumputan. Boleh-boleh saja, namun pilihlah rumput yang perawatannya mudah, semisal rumput kucai mini atau rumput gajah mini.

Membuat Taman Minimalis ini dapat bisa diaplikasikan ke berbagai ukuran luas lahan. Nantinya tinggal kita harus pintar dalam mengatur posisi hardscape dan softscape dan, hingga tetap tampak indah walaupun berada pada lahan yang minim sekalipun.

Dalam menambah indahnya penampilan taman, dapat dipadu bersama elemen bernuansa tradisional Indonesia. Elemen tersebut dapat ditambahkan dengan jumlah yang minim juga, dan tidak perlu mendominasi taman. Sebagai contoh taman minimalis ini dapat ditanam dengan, miniatur stupa dari Bali, atau pahatan patung untuk tempat lampu taman. Atau dapat juga dgn menaruh furnitur antik dari kayu jati yang tahan hujan dan matahari.

contoh-desain-taman-minimalis

Desain taman minimalis dengan lampu taman menarik.

contoh-furnitur-yang-dapat-ditaruh-ke-taman-minimalis

Desain lampu taman untuk ditarug di taman minimalis.

contoh-patung-pahat-di-taman-minimalis

Contoh pahatan patung untuk variasi taman minimalis.

contoh-lampu-untuk-taman-minimalis

Lampu taman yang bisa di taruh di taman minimalis.

lampu-taman-minimalis

Furnitur yang dapat diletakkan di taman minimalis.

taman-minimalis-dan-lampu-tamannya-yang-menarik

Ide untuk mendesain taman di rumah minimalis.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel: Kompas
Fambar: Arsindo