Home » Landscape

Membuat Kolam Ikan Koi

- -

tips Membuat Kolam Ikan Koi

Agak berbeda dengan jika kita membuat kolam budidaya ikan untuk konsumsi, membuat kolam ikan koi ini di taman tak perlu Anda ukur elevasinya. Kolam ikan koi dapat Anda buat ketinggiannya apakah di di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah, ataupun kombinasi dari keduanya.

Tak spt kolam ikan untuk konsumsi, yang memerlukan kombinasi. Ada kalanya jika kita memerlukan untuk membuat kolam koi yg keseluruhannya berada di atas permukaan tnah, karena letak kolam ikan ini di samping rumah yang biasanya digunakan untuk lalu-lalang manusia. Kolam spt ini tentunya akan cepat sekali kotor Jika seluruhnya kita buat di bawah prmukaan tanah, maka dari 1tu ambillah bentuk yang sedikit menonjol dari pemukaan tanah.

Lain halnya jika membuat kolam ikan koi pada area taman yang cukup luas, maka agar tidak membuat taman tersebut terganggu estetikanya, bisa dibuatkan kolam ikan koi yang seluruhnya ketinggian berada di bawah permukaan tanah. Dan tak jarang pula orang-orang menyukai kolam yang agak dalam berada di sudut pekarangan tamannya, hingga mereka memendam seluruh bagian kolam ikan koi agar berada di bawah permukan tanah.

Berbagai pilihan seperti ini memang perlu kita ditentukan sebelum memutuskan untuk membuat kolam ikan koi. Setelah Anda menentukan bentuk yang benar-benar disukai, kolam dapat dirancang dengan digali terlebih dahulu. Batasi atau tandailah titik yang akan digali dengan tali patok agar bentukan mudah terlihat dan diketahui polanya. Kemudian tanah barulahkemudian mulai digali dgn mencangkul. Kalau Anda menginginkan kolam yang memiliki beberapa kedalaman, salah satu bagian agak dangkal dan yang lainnya lebih dalam, cara membuak kolam ikan koi, hendaknya Anda rencanakan sedari awal hingga tak merepotkan nantinya. Bisa saja Anda buat konsep dengan menggambarnya terlebih dahulu pada secari kertas. Kolam dengan dua kedalaman ini sangat bagus bagi ikan koi, ini dapat menjadi area persembunyian mereka terhadap panas matahari ataupun jika mereka tak ingin terlihat oleh orang yang lalu-lalang.

Untuk bahan baku membuat kolam ikan koi hendaknya Anda gunakan batu bata. Dengan ukurannya yang kecil ini, maka batu bata dapat dengan fleksibel untuk dibentuk sesuka hati kita.. Berbeda jika Anda menggunakan batako atau batu kali yang pastinya berukuran besar, ini akan menyulitkan untuk dibentuk, terlebih jika penerapan sisi lengkung. Pada dasar kolam nantinya dapat dicor atau diplester. Tapi, sebelumnya hendaknya dari awal kita ditentukan letak lubang pembuangan air jika ingin dikuras nanti. Lubang pembuangan bagi kolam haruslah lebih tinggi dari salurang pembuangan kota atau got dipinggir jalan depan rumah Anda. Ini agar air mudah dibuang pada saat menguras, jika got lebih tinggi tentunya air kolam tidak akan bisa mengalir ke sana.

Cara membuat kolam ikan koi haruslah Anda pikirkan sirkulasi airnya nanti. Maksudnya jika nanti kita menginginkan kolam tersebut memiliki air terjun ataupun air mancur, maka sudah harus dipikirkan sebelumnya di mana letak filter air, pompa,  dan dimana air terjuan diposisikan. Oleh sebab itu sekali lagi amat penting bagi kita menuangkan ide atau konsep ke dalam gambar yang rinci terlebih dahulu. Jangan terjadi bongkar pasang saat kolam sudah selesai dan mengering karena kita berobah pikiran. Satu hal lagi yang tak kalah penting, buatlah lubang pembuangan pada dasar salah satu sudut beri (jarak kurang lebih 40 cm dari dinding kolam), dimana nantinya lubang tersebut berada lebih rendah dari dasar kolam yang lain. Permukaan yang lebih rendah dari dasar kolam yang lain tersebut berdiameter kurang lebih 40 cm. Ini agar memudahkan pada saat perawatan atau pembersihan kolam nantinya.

Permukaan dasar kolam koi janganlah dibuat licin layaknya kita membuat lantai rumah, sebab ini akan menyulitkan lumut untuk tumbuh, sedangkan lumut perlu agar ikan koi dapat hidup dikolam senyaman habitatnya. Lapisilah dasar dan dinding kolam dengan acian yang agak kasar (spesi acian dapat pula dicampur dengan pasir).  Sekian dulu artikel “Membuat Kolam Ikan Koi”, selamat mencoba.