Home » Konstruksi

Manfaat Ventilasi Bagi Rumah

- -

Kita sering merasa kegerahan di rumah? Mungkin itu karena sirkulasi udara di dalam rumah Anda kurang bagus. Cobalah buat ventilasi dengan jumlah yang cukup. Kemungkinan besar rumah Anda menjadi lebih sejuk. Pada artikel ini kami sedikit uraikan mengenai berbagai manfaat ventilasi.

Jumlah ventilasi yang cukup haruslah ada untuk dapat menciptakan rumah nyaman. Kualitas sirkulasi udara dalam rumah sangat ditentukan cukup atau tidaknya jumlah ventilasi. Sebab jika sirkulasi udaranya berjalan dengan baik, maka udara dan hawa di dalam rumah tersebut akan lebih sejuk dan sehat.

Ventilasi bukan saja bisa menciptakan rasa nyaman dari sisi kualitas udara. Tapi di sisi pencahayaan yang sehat juga didapatkan dengan penempatan ventilasi yg tepat. Pencahayaan tersebut bermanfaat juga mengurangi kelembaban suatu ruangan.

pintu-dengan-ventilasi

Pintu yang terdapat ventilasi pada bagian atasnya.

contoh-kusen-ber-ventilasi

Contoh dari kusen dengan ventilasi di bagian atasnya.

Membuat ventilasi dalam rumah, sebetulnya tidaklah sulit. Anda cukup memperhatikan prinsip utamanya, yaitu dengan membuat udara mudah untuk bergerak dari dalam ke luar atau dari luar ke dalam. Tetapi harus diingat bahwa prinsip dasarnya udara akan mengalir dari tempat yang suhunya lebih rendah ke ruangan yang suhunya lebih tinggi.

Suhu sekitar rumah Anda juga bisa dimodifikasi. Maksudnya adalah untuk memancing udara  agar dapat mengalir ke dalam sebuah ruangan. Caranya adalah  dengan menanam beberapa tumbuhan, semakin banyak sebetulnya semakin baik untuk sirkulasi udara. Ini berguna sekali untuk menurunkan suhu ruangan serta menyaring udara kotor yang mengalir ke dalam rumah.

Angin atau udara dapat juga yang mengalir masuk ke dalam ruangan melalui berbagai bukaan lainnya, selain dengan membuat ventilasi rumah, seperti pintu, jendela, serta lobang di atap dan di plafon. Angin jadi bisa mengalir dengan bebas ke seluruh bagian ruangan, tempatkanlah jendela dengan letak saling berhadapan. Dengan posisi begini,  maka udara mudah untuk saling bertukar. Udara tersebut akan masuk dari satu sisi, lalu keluar dari sisi lainnya, begitu juga sebaliknya.

Selain ventilasi di atas pintu dan berbagai bukaan tersebut, buatkan juga lubang angin pada bagian atas rumah Anda. Lubang itu berguna untuk mengalirkan udara yang suhunya tinggi dari dalam rumah Anda ke luar. Dan dengan adanya lubang angin atau bukaan-bukaan lainnya maka pertukaran udara dapat terjadi dengan leluasa.

Sesudah mempunyai ruangan dengan ventilasi yang cukup di rumah Anda, cobalah sekarang bandingkan dengan pada saat rumah Anda tidak memiliki ventilasi yang cukup!