Home » Desain Interior

Lantai Teraso

- -

Lantai ubin Teraso atau Terazzo adalah material penutup lantai yang cukup lama lahir sebagai elemen arsitektur. Di era awal tahun 1980, lantai teraso ini sudah populer. Kala itu mereka yang menggunakan material ini tergolong dari masyarakat kalangan menengah ke atas. Walau mungkin kepopulerannya sudah banyak dikalahkan dengan penutup lantai berbahan lain, namun lantai teraso ini masih diproduksi karena masih banyak orang yang mencarinya.

teraso dipoles agar halusLantai Teraso saat ini ada dua jenis dalam hal tekstur, yaitu teraso dengan permukaan mengkilap (glossy) dan yang memiliki permukaan kasar. Yang kasar juga disebut dengan Pebble Wash. Dalam hal corak pun, teraso cukup beragam. Proses pembuatannya adalah dengan mencampur bahan batu-batuan marmer dengan semen putih serta kalsium . Lalu campuran ini setelah dibasahi langsung dimasukkan ke cetakan. Nantinya cetakkan ini tentu memiliki stadart ukuran agar bisa digunakan sebagai material penutup lantai pada rumah ataupun bangunan lainnya.

Pada tahan pemasangan di lapangan, lantai dar teraso ini perlu dilakukan proses penghalusan atau polished. Ini bertujuan agar lantai menjadi mengkilap dan untuk memastikan bahwa pemasangannya benar-benar rata.