Home » Landscape

Jenis-Jenis Desain Gazebo

Apakah Anda pernah merasakan pemandangan nan indah dari balik jendela? Perasaan tersebu bisa dimunculkan di bangunan terbuka yang ada di halaman rumah kita. Kita tak perlu lagi mengintip keindahan sebuah halaman dari lubang jendela, tapi kita bisa optimal memandangi seluruh taman tanpa satupun yang menghalang.

Bangunan terbuka dengan semi permanen itu disebut adalah gazebo. Sebagian orang dari daerah tertentu menyebutnya juga dengan saung. Gazebo mempunya peran tambahan untuk tempat alternatif di luar rumah kita. Dahulunya, fungsinya gazebo adalah sebagai sarana istirahat para bangsawan yang sedang berjalan-jalan untuk menikmati keindahan taman di istana yang luas.

Jenis-jenis Gazebo

Desain Gazebo Etnik : Umumnya terbuat dari bamboo atau kayu. Bentuknya diadaptasi dari bangunan etnik tertentu. Contohnya, bentuk joglo yang berornamen mahkota pada ujung atap serta motif ukiran di tiang. Jenis ini sudah banyak dijual dalam bentuk knock down atau siap pasang. Sipebeli tinggal merakit dirumah setelah membelinya dalam keadaan terbungkus kemasan.

Desain Gazebo Natural : Gaya natural ini terbentuk dari bahan batu alam atau kayu. Model gazebo seperti ini biasanya paling banyak dipilih. Bahan-bahan yang digunakan dapat juga terbuat dari beton dicor dengan finishing batang kayu tiruan.

Desain Gazebo Country : Sangat Identik dengan penggunaan batu alam serta bata ekspos. Perbedaannya, jenis ini bergaris cukup tegas. Tiangnya bisa dari kayu dengan tiang beton dengan finishing batu alam atau finishing natural. Meskipun warnanya sangat dominan natural (kayu, terakota), terkadang terdapat sentuhan dari bahan artifisial seperti keramik dan besi.

Desain Gazebo Industrial : Jenis ini didominasi dari bahan metal, alumunium dan besi, pokok yang berwarna logam. Jenis ini juga jarang dijumpai di perumahan karena lebih sering dibuat untuk sarana umum seperti kantor, cottage atau tempat wisata.

Desain Gazebo Modern : Saat ini sudah tidak didominasi warna natural ataupun finishing bahan natural seperti batu alam dan kayu. Umumnya digunakan material beton, bata, dan kayu dengan finishing cat. Bentuknyapun juga sangatlah beragam dan harus berbentu gazebo pada umumnya.

Desain Gazebo Klasik : Ini biasanya dihiasi dengan tiang dengan ornamen, misalnya pilar. Dengan atap yang melengkung anggun dan kental warna putih, sangat cocok jika disandingkan dengan desain rumah klasik.

 

desian gazebo

desian gazebo

gaya gazebo

gaya gazebo

model gazebo

model gazebo

contoh gazebo

contoh gazebo

gazebo bali

gazebo bali

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.0/10 (10 votes cast)
Jenis-Jenis Desain Gazebo, 4.0 out of 10 based on 10 ratings

Baca Artikel Menarik Lainnya...!

facebook
facebook