Home » Konstruksi

Tips dan Cara Mengecat Dinding Lembab Atau Berjamur

Mengecat dinding yang sebelumnya sudah dilapisi oleh cat yang lama, tak semudah jika kita mengecat dinding baru atau sama sekali belum pernah dicat. Apalagi kalau dinding lama yang akan dicat sudah terlanjur lembab atau dinding berjamur.




Tentu treatment atau cara mengecat dinding yang sudah dalam keadaan lembab dan berjamur ini amat berbeda dengan cara mengecat dinding baru. Tips mengecat dinding yang lembab bisa Anda ikuti langkah seperti di bawah:

Cari Sumber Permasalah Pada Dinding

Apa penyebab dinding lembab dan apa penyebab dinding berjamur harus Anda ketahui sebelum melakukan pengecatan. Contoh kasus yang banyak ditemui adalah

  • Dinding tersebut sering terguyur air saat hujan karena atap bocor,
  • Di balik dinding tersebut ternyata adalah bak kamar mandi,
  • Karena dinding memang berumur cukup tua sehingga kelembaban tanah naik mulai dari pondasi,
  • dll.

 

Mengecat Dinding Yang Lembab

Cara Mengecat Dinding LembabSeperti yang kita tahu bahwa pada permukaan dinding yang lembab nantinya cat tidak dapat melekat dengan sempurna. Nantinya hasilnya cat akan timbul bercak-bercak serta menggelembung, lalu mengelupas lagi. Jadi sebelum permukaan dinding tersebut dicat ulang, cari sumber lembab tersebut dan segera atasi.. Setelah itu barulah Anda lakukan pengecatan. Kikis dengan cara mengamplas permukaan dinding lama tersebut, lalu lapisi permukaannya dengan cat dasar atau sealer yang mana sealer ini memiliki sifat tahan terhadap air atau waterproof.

Cat dasar sealer tersebut nantinya berguna untuk mencegah air kembali merembes ke permukaan dinding, dan efeknya cat akan dapat menempel di permukaan tembok dengan baik. Tunggulah sampai cat dasar tersebut benar-benar mengering, barulah Anda dapat mengecat cat dinding yang lembab.

Cara yang lebih ekstrim adalah dengan mengikis lapisan plester dinding tersebut, maka Anda harus memanggil jasa tukang berpengalaman.

Mengecat Dinding Yang Berjamur

Pada dinding yang lembab, besar kemungkinan akan ditumbuhi oleh jamur. Itulah sebabnya mengapa cara mengecat dinding berjamur caranya hampir sama dengan cara mengecat tembok yang lembab. Hilangkan dan cari solusi terlebih dahulu apa penyebab jamur tersebut menempel pada dinding. Cara membasmi jamur tersebut ialah dengan menyemprotkan fungisida, lalu diamkan selama 1 hari supaya jamur tersebut benar-benar. Setelah itu dinding tersebut Anda sikat hingga jamur hilang sampai ke akarnya, barulah Anda lakukan perlakuan seperti pengecatan dinding yang lembab, yaitu dengan mengecat/melapisinya terlebih dahulu dengan sealer. Ingat pada saat menyemprotkan fungisida, gunakanlah masker, atau baca aturan penggunaan pada kemasannya. Setelah itu cuci dan netralkan kondisi kimia permukaan dinding. Jika langkah-langkah tersebut sudah dilakukan Anda dapat melapisi dinding dengan cat dasar setelah kering aplikasikan cat tembok (sumber: edupaint.com)

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 8.7/10 (21 votes cast)
Tips dan Cara Mengecat Dinding Lembab Atau Berjamur, 8.7 out of 10 based on 21 ratings

Baca Artikel Menarik Lainnya...!

facebook
facebook