Home » Konstruksi

Desain Tangga Spiral – Melingkar

Banyak anggapan bahwa model tangga spiral termasuk seni arsitektur. Ini karena desain tangga melingkar tersebut sudah dipakai sejak dahulu kala pada bangunan kuno serta gereja-gereja ratusan tahun yang lalu. Konstruksi tangga spiral atau tangga melingkar tersebut kebanyakan adalah karya yang cukup sulit untuk ditiru. Sedangkan untuk karya seni arsitektur moderen, tangga melingkar berbentuk tinggi menjulang dgn susunan anak tangga yg cukup rapat serta rapi, amat sesuai bagi ruang yang sempit di sebuah bangunan, baik rumah, kantor, apartemen dan lain-lain.

Tangga untuk ruangan yang terbatas – Pada ruang yang terbatas di rumah bertingkat, tangga melihagkar ini dapat menjadi jalan keluar menghubungkan antara ruangan atas dengan ruangan di bawah. Tangga model biasa atau konvensional memerlukan ruang lebih luas, bentuk anak tangga spiral memutar ke arah atas (vertical spiral) serta tersusun dengan rapat. Ini berarti Anda dapat dengan mudah meposisikannya di pojok ruangan kalau ukuran rumah Anda tersebut kecil. Tangga spiral ini juga seringkali  digunakan petugas pemadam kebakaran sebagai tangga darurat.

Desain tangga spiral ini banyak yang dijual di pasaran. Mulai dari tangga model klasik yg terbuat dari bahan kayu dengan desain ukiran maupun pahatan, sampai model minimalis modern dengan desain tangga spiral tiang dari besi. Nah, Anda harus jeli dalam memilih tangga bulat ini agar dapat sesuai dengan dekorasi interior rumah.

Berhati-hatilah – Dilkarena bentuknya yang cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan tangga biasa, maka Anda harus lebih berhati-hati saat menggunakannya. Hindarkan membawa barang-barang berat besar dan berat, disaat melewati tangga tersebut. Satulagi bahwa jika memungkinkan, jadikanlah tangga spiral ini sebagai tangga pilihan kedua di rumah Anda, artinya bahwa Anda mempunyai tangga lainnya, agar tangga ini tidak terlalu sering untuk dilewati.

Tangga spiral tentunya membuat ruang gerak Anda jadi terbatas saat melewatinya. Dan ini sebenarnya berbahaya bagi manula dan anak-anak. Meskipun ada pendapat bahwa tangga melingkar ini aman aman, tetapi sebaiknya Anda melarang mereka memakainya. Meskipun tangga spiral terbuat dari bahan besi dan dilengkapi pegangan tangga atau railling di kedua sisinya, akan tetapi karena susunan anak-anak tangga-nya lebih kecil dan terlalu rapat, orang cenderung akan untuk tidak melihat dan mengetahui hal ini, dan tentunya dapat beresiko untuk jatuh jika tidak hati-hati. Lihat juga Contoh Desain Tangga >>

tangga-menggantung contoh-tangga-putar gambar-tangga-putar model-tangga-putar

tangga-model-spiral

Metal Spiral Staircase tangga-besi-putardesain-tangga-model-berputar-atau-spiraldesain-tangga-bentuk-spiral

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 8.6/10 (13 votes cast)
Desain Tangga Spiral - Melingkar, 8.6 out of 10 based on 13 ratings

Baca Artikel Menarik Lainnya...!

facebook
facebook