Home » Konstruksi

Desain Atap Dak Beton Untuk Rumah Tumbuh

desain-atap-dak-beton-untuk-rumah-tumbuh

Era 80’an atap dak beton yang datar hanya diterapkan pada gedung-ge­dung perkantoran. Sekarang ini semakin banyak desain rumah dengan bentuk datar tersebut.

Sebetulnya Desain Atap Dak Beton sebagai atap sudah la­­ma dikenal, terlebih di negara-negara dengan iklim sub tropis yg curah hujannya rendah. Tren dalam membuat atap datar ini makin banyak digemari serta digunakan. Saat ini sudah banyak teknologi beton yg memudahkan dalam proses pembuatan atap dak beton ini.

Banyak orang yang mengatakan bahwa bentuk atap datar ini sangat tidak cocok untuk iklim tropis seperti di negara Indonesia, yang curah hujannya cukup tinggi. Pendapat ini belum kesemuanya benar, ini tergantung dari desain atap nantinya. Itulah makanya langkah awal waktu membuat atap dak beton, sebuah rencana awal yang matang serta desain merupakan hal yang amat penting.

Masalah Kebocoran Dan Panas

Masalah umum yang sering dialami pada desain atap seperti ini adalah suhu ruang yang nantinya akan menjadi panas. Ini karena ruang antara interior dan atap amat kecil, hingga panas dari dak beton yang terkena sinar matahari langsung akan lebih cepat diteruskan langsung ke dalam ruangan. Oleh karena itulah perlu adanya ruang di antara plat dak beton atas dan ruang, yaitu plafond, setidaknya ruang plafond ini memiliki tinggi 30cm sampai 50cm.

Selain itu juga, kebocoran cukup sering terjadi oleh sebab air yang tergenang dalam waktu lama dipermukan dak beton atap. Genangan tersebut karena kesalahan pada saat men-desain dan saat pengerjaan. Nah, untuk mencegah hal ini, solusinya adalah membuat permukaan dak tersebut agak miring sedikitnya 2°. Makan dengan begitu, air hujan bisa langsung dialirkan ke lubang pembuangan.

Akan lebih baik lagi kalau terdapat roof drain di permukaan atap tersebut, hingga air hujan dapat melewati lobang tersebut untuk turun secara vertikal. Dan untuk mencegah risiko kebocoran, atap ini perlu dilapisi dengan cat kedap air atau waterproof.

Punya Banyak Fungsi

Atap datar yang terbuat dari beton ini dapat dijadikan solusi untuk memenuhi kebutuhan akan ruang, terlebih lagi pada rumah yang luas lahan yang kecil, dan jika sipemilik berniat untuk membangunnya secara vertikal bertahap. Bentuk atap seperti ini sangat memungkinkan membuat ruangan lagi di lantai dua, jika sipemilik sudah memiliki dana nantinya. Sebelum ruangan dak beton atas tersebut dibangun ruangan lagi, bisa saja di situ difungsikan sebagai tempat jemur gudang terbukan, roof garden dan lain-lain. Kesimpulannya, Atap datar dari beton ini juga sangat cocok untuk rumah Desain Rumah Tumbuh secara vertikal. Pada prinsipnya atap dak beton ini memiliki konstruksi sama persis dgn pelat lantai. Jadi Anda tidak perlu lagi membongkar atap (jika atap sebelumnya dibuat bukan dari plat beton, melainkan dengan atap kuda-kuda) waktu meningkatkan rumah. Selama konstruksi dirasa cukup kuat, maka Anda tinggal menambahkan dinding tembok serta atap baru di atasnya.  Maka, jadilah rumah Anda 2 lantai. Dan jika diterapkan pada atap carport, treatment ini juga bisa dipakai.  iDEAonline

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 7.4/10 (17 votes cast)
Desain Atap Dak Beton Untuk Rumah Tumbuh, 7.4 out of 10 based on 17 ratings

Baca Artikel Menarik Lainnya...!

facebook
facebook