Home » Headline

Konstruksi Baja Ringan

- -

Baja ringan sangat populer digunakan sebagai material konstruksi rumah. Saat ini semakin luas penggunaan bahan konstruksi yang sudah terbukti lebih tahan dari goncangan gempa ini. Dan memang umum untuk digunakan pada bangunan darurat pasca bencana, tapi juga banyak didapati rumah-rumah mewah di perkotaan menggunakan konstruksi baja ringan ini. Cuma saja saat ini sosialisasi mengenai cara memilih baja ringan yang tepat amat kurang. Akibatnya masyarakat masih belum tahu bahwa belum tentu mesing-masing konstruksi baja ringan ini memiliki kekuatan yang sama. Sebetulnya masyarakat perlu berhati-hati dalam memilih produk baja ringan dan jika salah memilih produk, bisa justru menimbulkan kerugian cukup besar. Tidak hanya materi, tetapi juga keamanan pengguna.

membangun rumah dengan Konstruksi Baja RinganSifat baja ringan secara umum memang kuat namun ringan, serta memiliki struktur yang fleksibel. Struktur baja ringan ini juga mampu meredam getaran, serta tidak mudah terbakar. Melihat kelebihan-kelebihan ini, tentunya masyarakat sudah cukup memiliki alasan untuk memutuskan menggunakannya. Selain itu biaya konstuksi baja ringan ini lebih murah dan efisien. Memang jika dihitung secara satuan pekerjaan, biaya untuk pekerjaan konstruksi baja ringan ini sedikit lebih mahal dibandingkan dengan pengerjaan konstruksi biasa, namun jika dihitung secara keseluruhan, maka akan lebih murah.. Salah satu yang menyebabkan biaya pembangunan rumah menjadi murah jika menggunakan konstuksi ini adalah bahwa pengangkutan atau mobilitasnya yang mudah. Murahnya mobilitas Ini karena beratnya yang lebih ringan dibanding dengan bahan konstuksi lain, juga bentuk fisiknya yang mudah untuk dikemas. Faktor lain yang menyebabkan murahnya biaya pembangunan adalah karena proses pengerjaannya yang lebih cepat dibandingkan dengan pengerjaan konstruksi konvensional. Karena berat jenisnya yang lebih ringan, maka memungkinkan juga untuk menggunakan jenis struktur bawah (pondasi, sloof, dll) yang lebih sederhana. Dan tentunya jenis struktur yang lebih sederhana ini dapat menekan biaya.

Di beberapa negara maju kontruksi baja ringan ini bukan lagi merupakan material konstruksi alternatif, melainkan merupakan pilihan utama. Terdapat beberapa keuntungan yang bisa didapatkan bila kita menggunakannya, diantaranya adalah bahwa material ini anti rayap. Oleh karena pengerjaan konstruksi baja ringan ini dilakukan secara sistematis serta terkomputerisasi berdasarkan perhitungan, maka tenaga lapangan akan lebih mudah mengerjakannya. Pekerja lapangan tidak begitu perlu untuk menyesuaikan model serta ukuran dengan kondisi di lapangan, karena sebagian besar konstruksi ini sudah ada modul, standar dan ukuran pemasangannya. Modul yang dimaksud di sini adalah seperti menentukan pemasangan konstruksi pada sisi sudut, ini sudah ada ketentuan model dan bentuk yang didapat dari system komputerisasi.

Kekuatan baja ringan dalam ketahanannya terhadap kondisi setempat amat tergantung tipe lapisannya. Yang penting dari konstruksi bahan baja ringan ini adalah detail pemasangannya, apalagi kalau tujuan penggunaan konstruksi ini dimaksudkan untuk pembangunan di lokasi rawan gempa. Oleh karena itu tentunya harus dilakukan oleh tenaga yang berpengalaman serta perlu adanya pengawasan ketat..