Home » Umum

Khasiat Sarang Burung Walet

- -

Entah sejak kapan dan dari mana awalnya khasiat dari sarang burung walet menjadi terkenal di dunia ini, yang pasti sarang burung walet ini sejak ratusan tahun lalu telah diyakini oleh banyak orang mempunyai khasiat untuk memberikan kesegaran serta kesehatan tubuh manusia. Mitos baik dalam hal kesehatan ini muncul dari pengalaman seseorang yang akhirnya disampaikan dari mulut ke mulut itu lalu kemudian menyebar, terlebih lagi semenjak media massa mulai ikut andil dalam penyebaran mitos ini. Nah itulah yang setidaknya dipercaya oleh masyarakat Indonesia pada khususnya dan dunia pada umumnya.

Pendapat DR. Cheng Ce yang ditemui di kawasan Cianjur, air liur dari kelenjar glandula sub lingualis tersebut bisa meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Tapi, bukan berarti ini dapat mengobati penyakit.

Manfaat sarang burung walet bisa sbg food supplement,  sama seperti multivitamin yang dijual di toko-toko. Dengan mengkonsumsi sarang walet ini dapat menstimulus kinerja dari organ-organ tubuh manusia agar lebih baik. Kekebalan tubuh bisa meningkat serta menyingkirkan berbagai macam penyakit menyingkir, ujar spesialis kanker Sekolah Kedokteran Tradisional Propinsi Henan, Cina ini. Jadi selain daripada itu sarang burung walet, di dalamnya terkandung protein yg berbentuk glikoprotein yg merupakan komponen terbesar selain zat karbohidrat, air dan  lemak. Jumlahnya dapat mencapai 50 persen. Di dalam tubuh manusia, protein sangat berperan untuk zat pembangunan. Dia dapat membentuk sel-sel serta jaringan baru dan berperan aktif dalam metabolisme. Protein hewani ini diakui lebih gizinya lantaran mempunyai ikatan senyawa yang lebih kompleks jika dibanding dengan protein nabati.

Bahkan salah satu dari senyawa turunannya yaitu azitothymidine sudah diteliti dapat melawan virus AIDS. Dan istimewanya lagi adalah bahwa  sarang walet ini memiliki sumber asam amino yang amat lengkap. Telah tercatat kurang lebiht 17 asam amino esensial, semi esensial serta non-esensial yg dimiliki olehnya. Salah satunya yang sekarang dikembangkan para peneliti-peneliti di negara barat sebagai zat pelawan stroke maupun kanker. Mineral-mineral dari sarang walet ini tidak kalah manjurnya dalam mendukung segala aktivitas organ tubuh.

Terdapat 6 mineral yg sudah bisa diketahui semisal zat besi, kalsium, phospor, natrium dan kalium.
Seperti yang kita tahu bahwa di dalam tubuh manusia, kalsium ini berperan bago pembentukan tulang. Sayangnya, senyawa dan mineral penting sarang walet ini mudah lenyap karena pengolahan yang tidak benar. Oleh sebab itu, Dr. Kong Yun Cheung menyarankan agar sarang walet tak perlu di cuci lagi sebelum dikonsumsi, sebab glikoprotein akan dengan mudah terbuang, cukup dicelupkan langsung ke dalam kuah jika ingin disantap dalam bentuk sup. Namun walaupun banyak manusia yang mengolah dengan sembrono, sup sarang walet tetap saja bisa menunjukkan khasiatnya, entah karena sugesti atau memang khasiat sarang burung walet tetap ada walau diolah secara sembrono..