Home » Referensi

Jasa Arsitek

- -

Jika Anda ingin membangun sebuah rumah, ruang usaha kantor atau bangunan apapun, pertama kali terpikiran oleh anda adalah arsitek. Banyak hal yang langsung terpikir terkait dengan kata “arsitek” tersebut, baik sebuah desain bangunan, baik perkiraan biaya, perhitungan sebuah struktur maupun gambar kerja dari bangunan sendiri, yang kesemuanya ini adalah produk dari  Jasa Arsitek.

Mungkin orang akan langsung berpikir bahwa membayar arsitek tersebut merupakan hal yang mahal, dan hanya sebuah pemborosan. Dari berbelit-belitnya suatu proses desain, proses yang laman hingga khawatir jika hasil desain tidak sesuai dgn keinginan pemilik, sementara biaya yang cukup telah dikeluarkan guna membayar seorang arsitek. Penyebab lainnya dari kita untuk enggan membayar seorang arsitek adalah pendapa bahwa pekerjaan ini bisa dipercayakan atau diserahkan sepenuhnya pada “tukang bangunan”. Mengapa kita harus mengeluarkan uang lebih untuk seorang arsitek , jika akhirnya pihak penjual Jasa desain Arsitek sendiri akan mencari tukang bagunan untuk mengerjakan pembangunan rumah? Kan lebih baik kita cari saja beberapa orang tukang langsung, kita bayar untuk mengerjakannya…kan akan lebih irit dan murah! Baik, dalam artikel ini sedikit dijelaskan mengenai penyebab bisa optimalnya sebuah pekerjaan pembangunan rumah tinggal:

Struktur Bangunan

Pertimbangan dalam menggunakan bahan hingga perhitungan beban berdasarkan volume atau fungsi dari sebuah ruang adalah faktor yang harus diperhatikan. Tukang tradisional cenderung mengerjakan sesuai pengalaman serta apa yang diketahuinya dari “nenek moyang” mereka, baik dalam hal desain rumah, pengunaan bahan, standar volume dan besara sebuah  kolom, balok dan elemen-elemen struktur lainnya. Sementara itu seorang jasa desain arsitek akan lebih menghitungnya secara matematis  berdasarkan banyak faktor seperti beban, fungsi ruang, kondisi sekitar lahan dan lain-lain. Struktur akan disesuaikan dengan pola ruang nanti dan fungsi dari ruang atau bangunan juga akan memerlukan sebuah bentuk dan perhitungan struktur pastinya berbeda untuk setipa kondisi. Hal yang terpenting dari bangunan yaitu pondasi yang type dan besaran serta material akan diperhitungkan sesuai dengan kondisi tanah setempat.

Pola Ruang

Denah dan pola ruang sebuah bangunan perlu disesuaikan dengan kondisi alam setempat, kebutuhan, keinginan pemilik,  serta fungsi dari bangunan itu. Faktor lain yang menentukan pola ruang adalah “trend”,  namun kami tidak merekomendasikan  anda untuk hanya berpedoman pada faktor satu ini dalam menentukan pola ruang.  Telah banyak kasus seseorang yang selalu merobah posisi serta layout rumahnya dari tahun ketahun, ini dikarenakan perencanaan sebuah pola ruang yang ceroboh serta lari dari konteks sebuah desain.

Estetika

Banyakan masyarakat kini hanyalah latah untuk mengacu kepada sebuah trend dan gaya dalam menentukan sebuah gaya arsitektur. Sah-sah saja jika pemikiran ini dipakai, namun harus ingat, desain arsitektur tidaklah lahir dari sebuah trend. Salah jika anda berpikir bahwa sebuah desain arsitektur akan menarik untuk diterapkan pada bangunan apapun serta kondisi alam apapun. Desain arsitek merupakan wujud dari berbagai aspek jangka panjang yg selama mungkin dapat menunjang kenyamaman dan aktifitas sipenghuni, sedangkan trend hanyalah bersifat sesaat. Janganlah salah mengambil keputusan dalam desain rumah ( misalnya desain rumah minimalis ) anda nanti akan mengacu kepada trend semata, jika tidak ingin fungsi, kenyamanan serta estetika berumur sesaat.

Anggaran

Manajemen anggaran yang serius dan matang serta sistematis juga menjadi faktor penting didalam proses pengerjaan sebuah pembangunan. Alokasi anggaran yang teliti serta pengelompokan anggaran berdasarkan jenis dan prioritas pekerjaan lebih menjamin sebuah pengerjaan berjalan tepat waktu, cepat dan tidak berhenti ditengah jalan dikarenakan kehabisan dana. Contoh kasus sebuah pengerjaan proyek pembangunan terpaksa dihentikan untuk sementara, karena anggaran yang membengkak jauh dari perkiraan sipemilik sangat sering kita dengar. Ini menjadi momok dalam proses pelaksanaan sebuah desain arsitektur untuk proyek bangunan yang dikerjakan secara konvensional dan tradisional.

 

Nah semoga dengan membaca artikel ini anda bisa mengambil keputusan yang tepat dan tak ingin investasi seumur hidup ini (baca:properti) merugi..