Home » Landscape

Gazebo Kecil di Depan Rumah

- -

Orang sering berpikir bahwa gazebo dibangun hanya jika kita memiliki halaman yg luas. Pendapat seperti ini tidak semuanya benar. Gazebo Kecil di Depan Rumah yang bergaya Bali ini rupanya berada di depan rumah dengan ukurannya yang hanya kira-kira 4,5mx4m.

Gazebo kecil ini dibuat berbentuk panggung memiliki ketinggian 40cm dari atas tanah. Konstruksinya memakai pondasi setempat. Posisinya dibagian bawah setiap kolom. Pondasi, dari bahan batu kali dapat tampil serasi bersama lantai halaman yg diperkeras dgn batu kali.Gazebo Kecil di Depan Rumah

Material utama gazebo ialah bahan alami dari kayu serta batu alam. Bagian tiang memanfaatkan kayu kelapa dengan finishing pelitur. Lantainya memakai kayu kamper yg dilapis dengan plastik. Pelapis tersebut sama dengan yg biasa dipakai untuk penutup meja makan di rumah. Pelapisan ini berguna agar memudahkan kita dalam perawatan.

Bahan pembatas (railing) gazebo juga menggunakan kayu kamper. Hal yang menarik adalah pembatas (railing) gazebo juga berfungsi sebagai sandaran dudukan saat kita duduk di Gazebo Kecil di Depan Rumah. Pembatas ini dibuat sedikit miring, tidak tegak lurus, sehingga membuat duduk menjadi lebih nyaman.

Layaknya gazebo-gazebo gaya Bali yang lainnya, atap gazebo ini ditutup dengan bahan alang-alang. Dan pada bagian atas atap memakai hiasan yang khas berupa mahkota. Ini yang membedakannya dari gazebo-gazebo Bali yang lainnya. Juga adanya tambahan aksesoris ornamen berupa ukiran Bali pada lisplang atapnya. Ornamen ukiran tersebut dicat warna keemasan hingga tampil cukup menonjol.

Gazebo dengan ukuran 1,2mx1,3m ini memiliki tinggi 1,5m, sementara itu ketinggian atapnya adalah 70cm. Posisi gazebo berada di halaman depan rumah dan tepat di posisi pinggir jalan, membuat perlu dibuatnya penghalang agar gazebo tersebut terlalu kelihatan terbuka.

Penghalang tersebut berupa pot tanaman hias yg digantung pd lisplang atap gazebo itu sendiri. Pot-pot tersebut cukup untuk menghalangi pandangan ke luar, hingga jika kita duduk-duduk di gazebo ini bisa lebih nyaman. Untuk menimbulkan suasana lebih nyaman di, maka pada salah satu sisi taman diletakkan pula pot air mancur yang dapat mengeluarkan suara air di Gazebo Kecil Depan Rumah.