Home » Desain Interior

Ruang Tamu Kecil

Bagi Anda yang menghuni rumah mungil, pekerjaan menata ruang tamu kecil adalah tantangan tersendiri. Biar  bagaimanapun juga, menata ruang tamu menjadi sangat penting sebab dari ruang itulah cermin karakter Anda sbg pemilik rumah.

Dan sebaliknya, bukan pula pekerjaan mudah. Ruang tamu tidaklah semata-mata dinikmati melalui visual, tapi juga secara emosional. Maka dari itu, selain harus bisa menjadi enak dipandang mata, si pemilik rumah juga harus pandai-pandai menata ruang tamu serta aksesoris didalamnya supaya nyaman di mata sang tamu.

Coba perhatikan factor-faktor di bawah ini:

- Jangan terlalu memaksa diri untuk memiliki ruang tamu, sebab memang tidaklah semua orang harus memiliki ruang ini secara khusus. Yang harus diingat bahwa hunian Anda ialah sebuah rumah yang dengan ukuran kecil dan pastinya kalau akan memaksakan untuk memiliki, harus dengan ukuran ruang tamu yang kecil.

- Optimalkan keberadaan teras atau juga halaman kecil yang ada di depan rumah, ini dapat dijadikan jalan keluar awal untuk dapat menerima tamu di rumah yang kecil. Jangan Anda menggunakan bangku yang terbuat dari besi atau sofa, hal tersebut akan menghabiskan space dan akan terkesan rumit bagi teras kecil yang sempit. Cukup Anda gunakan bangku kayu atau bisa juga kursi yang dari batang pohon besar dengan ukuran kurang lebih seperti bangku bambo pada rumah betawi (orang betawi menyebutnya kursi bale).

- Untuk meja tidak selalu musti ada kakinya, dan ini cocok juga untuk dipakai di teras rumah. Cukup Anda sediakan meja yang terbuat dari bahan rotan atau kayu. Dapat juga dibuat dari ban mobil bekas tapi dialas kaca tebal atau papan multiplek. Hasilnya nanti Anda akan dapat menerima tamu di rumah kecil, tapi tetap memiliki nilai artistik. Dan Anda tidak terlalu ber-pusing-pusing untuk memikirkan ruang tamu ukuran kecil di rumah.

- Anda dapat mengambil konsep ruang tamu berukuran kecil di apartemen-apartemen, yang sering menggabungkan ruang makan dan ruang keluarga sekaligus berfungsi sebagai ruang tamu. Nah, nantinya ruang tamu ini dapat Anda jadikan untuk menerima kerabat dekat, dan tamu lainnya bisa Anda layani cukup di teras rumah saja. Dengan rumah kecil yang terbatas, cara ini rasanya cukup efektif.

- Tak perlu mengisi ruang tamu dengan berbagai furnitur. Sofa single seater, yaitu sofa dengan satu dudukan atau dua yang dudukan (two seaters) dengan sebuah meja kecil rasanya sudah cukup. Hindarkan sofa atau tempat duduk yang tebal, ini pastinya akan memberi kesan berat. Memilih sofa yang benar bisa membuat ruang tamu akan terkesan luas.

- Anda jangan kaku untuk mengikuti aturan yang tidak tertulis bahwa ukuran standar sofa umumnya memiliki tebal dan lebar 80 sentimeter. Itu justru akan membuat ruangan tamu menjadi kecil dan semakin sempit. Sebaiknya Anda pilih sofa yang tidak memiliki pegangan-sandaran tangan, cari yang ukuran 60 atau 50 cm saja. Sofa jenis ini sangat cocok diletakkan menempel pada dinding ruang tamu yang sempit.

- Gunakanlah furnitur-furnitur yang dapat dirapatkan pada dinding. Semakin sempit ukurang ruangan, semakin memerlukan kreatifitas Anda dalam memilih furnitur-furnitur yang tepat.

- Mencari posisi kursi yang tepat, furnitur penghias ruang lain serta meja harus memerhatikan alur sirkulasi udara pada ruangan. Yang perlu Anda ingat bahwa udara yg masuk dari pintu utama harus dapat masuk dengan tanpa halangan ke ruang lain. Pemakaian furniture atau sofa dengan ukuran yang besar, penempatan posisi furnitur yg salah, dan banyak benda yang dirasa tidak penting diletakkan dengan sebrono, ini akan mengurangi alur sirkulasi udara pada ruangan lainnya, karena saat masuk ruangan tersebut, udara tidak dapat mengalir dengan lancer ke ruangan lainnya. Kompas

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 8.5/10 (4 votes cast)
Ruang Tamu Kecil, 8.5 out of 10 based on 4 ratings

Baca Artikel Menarik Lainnya...!

facebook
facebook