Home » Desain Interior

Desain Dan Ukuran Ruang Tamu

Desain-Dan-Ukuran-Ruang-Tamu

Kita sebagai orang Timur, terasa sulit untuk mengabaikan ruang tamu di rumah. Tetapi jangan sampai kita terlalu menyita pikiran hanya karena ruang tamu, hingga mengabaikan ruang lainnya. Coba Anda pikirkan lagi, seluas apakan desain ruang tamu yan kita butuhkan?

Tidak jarang orang yang berusaha membuat ruang tamu dengan ukuran besar, cuma karena kebiasaan. Jaman orang tua kita dulu, ruang tamu umumnya berukuran cukup besar, dengan dilengkapi banyak bangku. Jadi setelah kita dewasa dan punya uang sendiri, lalu membangun rumah dengan ruang tamu yang besar juga, begitu seterusnya ke anak cucu. Padahal antara jaman orang tua kita dulu dengan sekarang berbeda, maksudnya kebiasaan serta tradisi sekarang tentunya sangat berlainan dengan dulu.

Masyarakat yang tinggal di kota besar, umumnya jarang sekali menerima tamu di rumahnya, apa lagi dalam waktu lama. Adaipun ada tamu yg menghabiskan berjam-jam untuk bertandang ke rumah, hampir dapat dipastikan mereka ini adalah orang kenal akrab dengan sipemilik rumah. Orang seperti ini biasanya tidak duduk lama di ruang tamu, kerabat atau sahabat dekat pastinya akan lebih suka duduk di ruang keluarga. Dengan melihat kondisi seperti itulah, jika memang Anda masih merasa bahwa ruang tamu perlu ada, tidak perlu membuat ukuran rumah tamu yang terlalu besar.

Kita ambil saja sebagai contoh ukuran ruang tamu pada gambar di artikel ini. Praktis, sederhan dan simpel. Hanya terdapat sebuah meja sudut, bench dan wadah untuk koran atau majalah. Ruang ini cukup nyaman bila digunakan menjamu tamu yang tak lama berkunjung, sekitar 30 menit atau lebih sedikit. Dengan menaruh furniture yang tidak terlalu banyak, pastinya area yang dibutuhkan juga tidak perlu luas. Area sekitar 2m x 3m mungkin sudah cukup. Dengan begitu, Anda dapat mengalokasikan lahan serta dana untuk ruang lainnya, yang lebih diperlukan.

Lain lagi halnya, kalau kita memiliki rumah dengan ukuran besar, terlebih senang menjamu tamu dan suka mengadakan pesta kecil, ruang tamu yang agak besar tentu dibutuhkan bagi Anda. Terlebih jika tamu yang dijamu sering kali dalam jumlah banyak.

Kesimpulannya seluas apa kita membutuhkan ruang tamu, ini sangat tergantung dari kebiasaan, kebutuhan, kebiasaan, serta besaran lahan tanah rumah kita. Jangan terlalu memaksakan untuk membuat ruang tamu luas dan besar, jika tidak terlalu dibutuhkan, terlebih lagi jika lahan rumah Anda tidak memungkinkan. iDEAonline.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 6.7/10 (3 votes cast)
Desain Dan Ukuran Ruang Tamu, 6.7 out of 10 based on 3 ratings

Baca Artikel Menarik Lainnya...!

facebook
facebook