Home » Landscape

Desain Gazebo Gaya Bali

- -

Gazebo dan taman dimana gazebo itu sendiri berada memiliki hubungan yang tak terpisahkan. Gazebo bisa tampil maksimal bila didukung desain lansekap yang sesuai, seperti misalnya gazebo pada gambar ini.

Kesan dari daerah Bali nan eksotis diwujudkan dari bahan material dan bentuk alami khas dari Bali yang diterapkan pada gazebo. Hal ini juga didukung dari elemen lansekap seperti kolam renang serta patung ikan dengan air mancurnya, juga tanaman khas dari Bali, seperti pohon Kamboja Bali. Maka lengkaplah gazebo ini disebut sebagai Gazebo Bali.

Desain gazebo yang dibuat bentuk panggung. Pada bagian dasar (base) terbuat dari baha beton cor. Bagian dasarnya (base) mendapat finishing dari teraso berwarna krem. Sedangkan lantainya parkitnya menggunakan bahan kayu merbau.

Nuansa gaya Bali ini muncul terutama dari tiang yang berbentuk bulat terbuat dari kayu kelapa. Atapnya menggunakan bahan material khas Bali, yaitu atap dari alang-alang dengan aksesoris berupa mahkota di puncak atap tersebut. Mahkota tersebut bukanlah terbuat dari bahan tanah liat, tapi dari bahan metal tembaga. Bahan tersebut kemudian diberi sentuhan finishing emas, sehingga member kesan antik serta mewah. Di bagian lisplangnya, dipasangkan kain berwarna merah diberi motif khas daerah Bali.

Lokasi Berdasarkan Fengshui

Desain Gazebo dengan bentuk panggung tersebut memiliki ketinggian lantai hingga 35cm dari lantai base gazebo. Untuk ukuran luasnyas 250cmx250cm dan tinggi tiang adalah 185cm.

Posisi gazebo tersebut berada di salah satu pojok halaman samping rumah. Terdapat alasan khusus mengenai posisi letak ini. Untuk lahan rumah ini sendiri tidak berbentuk empat persegi, tapi segitiga pada salah satu sisinya (jadi boleh dibilang trapesium atau apalah). Bentuk lahan yang menyudut seperti ini, menurut ilmu feng shui, tidak begitu baik. Solusinya adalah, harus ada unsur air di dalamnya. Oleh karena itu dibuatlah kolam renang. Lalu untuk menyamarkan kesan sudut, dibuatlah bangunan gazebo ini.

Gazebo tersebut adalah merupakan tempat peristirahatan bagi penghuni rumahnya, terutama pada akhir pekan. Seting menjadi tempat untu bersantai, tempa pijat ringan sembari menikmati semilirnya angin. Agar suasana santai ini jadi lebih nyaman, salah satu sisi gazebo dibuatkan sandaran terbuat dari bahan kayu merbau dengan tinggi 40cm. Supaya lebih nyaman, beberapa buah bantal berbagai ukuran ditaruh di sana.

 

Sumber: IdeaOnline

Baca Artikel Menarik Lainnya...!