Home » Dapur

Desain Dapur Minimalis Modern

- -

Desain dapur ini sengaja dibuat dengan menonjolkan hanya dua warna yaitu coklat tua dan putih. Ini agar terlihat lebih sederhana namu terkesan modern, hi-tech serta bersih.

Percuma saja jika punya dapur besar dan luas, jika berantakan. Karena dapur adalah ruangan yang dapat menampung banyak sekali perabotan serta peralatan, maka dari itu penyimpanannya sangar perlu untuk diperhatikan. Itu adalah satu kunci untuk membuat dapur ini selalu rapi dan bersih. Semua benda di dalamnya harus ada tempatnya masing-masing dan Anda pastikan semua benda tersebut jika selesai digunakan agar dikembalikan ke tempatnya.

Salah satu dari inspirasi dapur rapi, bisa Anda lihat pada foto di bawah ini. Dapur island plus meja makan 3m x 2.5m ini tampak lega, terang, bersih, serta rapi. Tiap aksesorisnya memiliki tempat masing-masing. Kompor tepat berada di tengah ruangan untuk memudahkan aktifitas masak memasak. Area meja makan selain dapat digunakan sebagai tempat makan, nantinya bisa juga digunakan sebagai meja saji atau meja kerja. Berbagai perabot seperti kompor dan microwave dan rak-rak bumbu disatukan di satu sisi, agar memudahkan orang untuk bekerja.

Peralatan masak-memasak, yang biasanya berserakan dan menumpuk, disimpan dengan rapi di dalam laci yang di desain untuk memudahkan jangkauan manusia. Lemari atau laci multipleks ini sengaja didesain tertutup. Dengan begitu, dapur terkesan lebih luas, karena tak banyak benda yang menyita pandangan. Kesan luas dan lapang juga dibantu oleh penerapan warna dinding serta kitchen itu sendiri yang hanya terdiri dari dua warna, yaitu coklat tua dan putih.gambar-desain-dapur-minimalis-modern

Posisi dapur ini sebenarnya menyatu dengan ruang makan, tepat di depannya adalah ruang makan. Ini karena memang fungsi dapur sangat erat kaitannya dengan ruang makan, dan segala aktifitas di dalamnya adalah kegiatan untuk memenuhi akifitas di dalam ruang makan.  Meski berbeda fungsi antara dapur dan ruang makan, sengaja tidak dibuat sekat, ini karena faktor yang telah disebutkan diatas. Selain karena memang masalah aktifitas yang saling menunjang antara dapur dengan ruang makan, ruang ini tidak diberi sekat agar terkesan lebih luas, lapang dan nyaman serta bersih.

Tidak Cocok untuk Dapur Mungil

Trik dalam membuat lemari dan laci yang serba tertutup, kelihatannya sukses besar dalam membuat dapur di foto ini tampil dengan rapi dan terkesan luas. Sayangnya, cara ini tidak akan tidak efektif, jika diterapkan pada dapur mungil. Sebab, dapur mungil membutuhkan tampilan laci dan lemari serba terbuka. Sangat berbeda jika anda lihat pada gambar ini yang semua lacinya dibuat dengan penutup.

Tapi Anda jangan berkecil hati, trik lemari tertutup ini masih bisa untuk diaplikasikan. Tapi tidaklah untuk semua lemari serta laci dapur. Kombinasikan lemari tertutup bersama lemari terbuka. Atau Anda ganti semua pintu pintu laci tersebut dengan pintu kaca. Nah, jika anda tak ingin isi dalamnya terlalu terlihat dari luar, gunakan kaca sandblast.

Kesimpulannya, mau besar ataupun kecil, dapur tetap dapat tampil bersih dan rapi. .. (Sumber: www.ideaonline.co.id)