Home » Desain Arsitektur

Rumah Joglo

Desain tradisional arsitektur di Indonesia ini benar-benar beragam, tapi khusus untuk di Pulau Jawa keberadaan sebuah rumah tradisional amatlah memprihatinkan. Ini terbukti dengan banyaknya ditemukan rumah tradisional yang diperjualbelikan pada pihak asing, hingga jumlah dari rumah tradisional ini, seperti Rumah Joglo, Rumah Tradisional Kudus serta rumah tradisional lainnya makin berkurang jumlahnya.

Faktor inilah yang jadi motifasi bagi wanita yang sangat mencintai barang seni sejak kecil, Otty Hariprihatini. Kecintaannya sudah ada sejak duduk saat dia masih duduk di bangku kuliah. Berbagai barang kuno yang diburunya dari daerah-daerah di pulau jawa ini dikoleksi olehnya hingga sekarang.

“Keinginan saya dan juga suami yang sama-sama menyukai benda seni, berkeinginan untuk menjadikan bangunan rumah joglo sebagai koleksi” kata Otty menceritakan koleksi dari beberapa rumah joglonya. Oleh karena itu di atas lahan dengan luas 4 hektar itulah semua koleksinya dibangun, diantaranya adalah Rumah Joglo Purwodadi, Rumah Joglo Solo dan Rumah Joglo Dari Kudus, yang sebagian besar menggunakan Furniture Kayu Jati. Beberapa dari koleksinya tersebut dia dapatkan sekitar 20 thn yang lalu.

Rumah Joglo Purwodadi ia fungsikan sebagai sebagai rumah joglo utama berfungsi misalnya sebagai tempat untuk pertemuan keluarga besar merekanya dan suami.  Semua dekorasi dan perlengkapan interiornya pun sudah disesuaikan menurut bentuk rumah tersebut, yang sangat bernuansa khas tradisional Jawa. Semua material di sini rata-rata berbahan dasar dari kayu. Yang lebih membanggakan adalah desain in merupakan rumah tahan gempa.

Fungsi dari hiasan di suatu bangunan ialah untuk menambah keindahan. Bagi orang Jawa yang memahani Desain Rumah Joglo, hiasan-hiasan atau aksesoris rumah banyak terilhami oleh alam sekitarnya. Berbagai benda aksesoris tersebut mempunyai maknanya sendiri-sendiri, dan tidaklah sembarangan orang bisa menaruhnya di ruangan. Tapi di rumah ini, kita berdua bagaikan diingatkan lagi kepada jaman dulu yang damai dan indah layaknya  kita berada di pedesaan yang tentram dan damai.

interior-rumah-joglo

interior-rumah-joglo

kamar-tidur-nuansa-jawa

kamar-tidur-nuansa-jawa

perumahan-gaya-jawa-joglo

perumahan-gaya-jawa-joglo

ruang-dalam-rumah-joglo

ruang-dalam-rumah-joglo

rumah-joglo-kudus

rumah-joglo-kudus

rumah-joglo-desain-interior

rumah-joglo-desain-interior

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: Griya-Asri

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 9.6/10 (5 votes cast)
Rumah Joglo, 9.6 out of 10 based on 5 ratings

Baca Artikel Menarik Lainnya...!

facebook
facebook