Home » Featured

Dapur Sempit?

- -

Apapun ruangannya jika berada di lahan sempit, memerlukan perhatian khusus dalam hal penataannya. Janganlah sampai ukuran ruang tersebut mempengaruhi kenyamanan Anda untuk beraktivitas. Ukuran ruangan tersebut akan menjadi kendala, terutama pada ruang yang terdapat banyak sekali aktivitas di dalamnya. Dapur ialah salah satunya.

Sebetulnya dapur seperti apa yang bisa digolongkan sebagai dapur sempit? Menurut informasi dari National Kitchen and Bathroom Association (NKBA) di Amerika Serikat, dapur yang mempunyai luas di bawah 13,5m², merupakan golongan dapur sempit. Penentuan luas tersebut tentu berhubungan dengan aktivitas manusia yang dilakukan di dalamnya. Mulai dari aktivitas mengolah, menyimpan, hingga menyajikan masakan, makanan dan minuman.

Bila dapur rumah Anda tergolong kepada dapur sempit, Anda tidak perlu buru-buru memiliki pikiran untuk membongkarnya untuk memperluas volume ruangan tersebut. Disamping merepotkan, memperbesar dapur juga dibutuhkan biaya yang tidak kecil. Cobalah tata ulang dapur tersebut. Penataan yang cocok dan pas akan membuat dapur tersebut tetap terasa nyaman, walau berada di ruangan yang sempit.

Terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjadikan dapur sempit tetap terasa nyaman untuk dijadikan aktivitas masak-memasak. Kita mulai dengan pembuatan sarana penyimpanan yang lebih efektif. Salah satu tindakan yang diambil ialah dengan membuat sebuah lemari gantung (kabinet dinding). Posisinya yang menggantung di dinding, tak akan mengurangi penggunaan lahan atau space.

Supaya dapur terasa lebih lega, Anda dapat memilih kabinet dinding dengan pintu kaca transparan. Jika Anda sudah terlanjur membeli kabinet berpintu massive seperti kayu yang memiliki panel, Anda dapat menyiasatinya dengan menempelkan sebuah cermin di setiap daunnya, atau sebagian besar daun pintu tersebut. Selain memberikan tampilan yang menarik, cermin tersebut juga memberikan kesan luas pada sebuah ruangan.

Jika masih terdapat dinding kosong, Anda masih bisa membuat variasi media penyimpanan dengan membuat hambalan (susunan papan horizontal pada dinding), Namun, Anda juga tetap perlu memperhatikan posisi penempatannya. Janganlah sampai dinding tersebut penuh dengan kabinet serta hambalan. Keadaan seperti ini sebaliknya justru akan membuat dapur terkesan sempit, dan terasa makin sumpek/sesak.

Tindakan lainnya ialah menerapkan beberapa warna terang terutama pada dinding. Warna-warna seperti ini sifatnya memantulkan cahaya, hingga membuat dapur semakin terang dan terkesa lebih luas.

Jika Anda mempunya banyak perabotan dapur, simpanlah perabotan tersebut dengan rapi. Dapur yang tidak tertata dan berantakan perabotannya serta penuh dengan barang, membuat dapur tersebut terasa sesak. Selain itu Anda perlu mengatur penempatan botol-botol bumbu dan peralatan memasak, supaya tidak berserakan. Janganlah lupa, untuk selalu menjaga kebersihan dapur Anda. Berapapun luasannya, ruangan yang kotor dan tidak tertata elemen di dalamnya, merupakan ruangan yang tidak nyaman untuk digunakan.

Sumber: www.kompas.com, Penulis: Anissa