Home » Dapur

Cooker Hood Untuk Kenyamanan Dapur Anda

- -

Cooker hood adalah perangkat dapur yang mempunyai dua fungsi, yaitu sebagai penghisap bau dan penghisap asap dari aktivitas masak memasak di dapur.

Cooker hood ini saat ini semakin dibutuhkan terutama dari kalangan masyarakat menengah terlebih yang tinggal di bangunan apartemen. Sebab apartemen dilengkapi dengan detektor asap dapur yang peka terhadap asap. Untuk menghindari alat detektor asap untuk mendeteksi asap, maka tentunya diperlukan cooker hood ini.

type-jenis-model-cooker-hood

Cooker hood terdiri dari tiga jenis, seperti cooker hood berbentuk corong, slim hood, dan jenis built in hood. Jika space atau luas dapur Anda tidak mencukupi, jenis slim hood adalah jenis yang paling tepat bagi dapur Anda. Sedangkan jenis ataupun cooker hood berbentuk built ini dan cerobong ini lebih cocok untuk dapur dengan ukuran yang lebih luas.

Disarankan Anda memilih cooker hood dengan kemampuan ganda. Ada cooker hood yang dapat mendaur ulang lalu didistribusikan kembali ke ruangan dapur, dan ada pula cooker hood yang hanya mampu untuk membuang asap dapur langsung ke luar ruangan/ruangan lain. Cooker hood yang mampu mendaur ulang tersebut cocok digunakan bila tidak memungkinkan untuk asap dibuang keluar terbuka. Misalnya karena terlalu jauh untuk menjangkau ruang terbuka tersebut. Nah, kalau lokasi ruangan dapur Anda tidak memungkinkan untuk pembuangan asap langsung keluar, maka gunakanlah cooker hood yang mampu mengolah kembali asap agar kembali netral, lalu didistribusikan kembali ke ruangan dapur.

Yang perlu diperhatikan dalam memasang cooker hood ini adalah posisi atau jaraknya dengan si kompor itu sendiri. Jarak yang ideal adalah sekitar 70 sampai 80 cm di atas kompor gas Anda. Sedangkan jika Anda menggunakan kompor listrik, maka jarak yang ideal adalah sekitar 60 sampai dengan 70 cm. Sedangkan jika Anda memasang cooker hood terlalu dekat jaraknya dengan kompor, tentunya Anda tidak nyaman untuk melakukan aktifitas masak memasak. Dan kemungkinan yang lebih fatal adalah terhisapnya api, lalu si api tersebut akan menyambar Anda. Oleh karena itu, pastikan jarak yang aman dan nyaman. Carilah informasi mengenai ini atau konsultasikan pada orang yang memahaminya.