Home » Properti

Bisnis Properti Tetap Menjanjikan

- -

Memasuki  era saat ini, pelaku bisnis khususnya yang bergerak bidang properti tampak sangat optimistis, terlebih tahun ini diprediksi akan jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Tak pelak lagi, ancang-ancang haruslah diambil dari sekarang supaya tidak “ketinggalan kereta”.

Berbagai cara pun dicari untuk merebut pasar. Berbagai peluncuran produk baru serta aktivitas promosi bisa menjadi indikator mulai bergairahnya para pelaku industri properti. Kita lihat saja perumahan-perumahan besar yang ada di kawasan Tangerang, Bekasi, Depok, atau Serpon. Sepanjang semester pertama tahun ini, mereka tetap saja meluncurkan cluster baru.

Seiring krisis ekonomi global dunia saat ini, kondisi tahun ini memang kuranglah menggembirakan. Tapi, selalu saja ada pengecualian. Di bidang properti, masih banyak terdapat pengembang yang bagai tidak tersentuh masalah ekonomi dunia. Yang terpenting, menurut banyak pengamat ekonomi pasar, adalah inovasi serta diferensiasi.

Akses
Faktor dari lokasi, bagaimanapun, merupakan keunggulan yang utama tak terbantahkan dari sebuah industri properti. Juga terpasuk di dalamnya ialah kemudahan akses ke lokasi tersebut. Maka dari itu, dengan dibukanya akses tol baru bisa meningkatkan nilai jual serta menambah daya tarik suatu proyek. Dengan bertambahdekatnya akses tol yang akan membuat sebuah proyek langsung terhubung dengan sebuah jalan tol, pengembang juga telah mengambil rencana untuk mengembangkan kawasan yang komersial.

Masuk akal, tumbuh serta berkembangnya kawasan komersil sangatlah tergantung dari traffic orang serta telah ditempatinya sebuah kawasan. Tidak ada pebisnis yang bersedia membuka usaha di tempat yang sepi dan jarang dilewati orang. Maka dari itu, momentum akan dibukanya akses tol itu menjadi saat yang tepat.

Lingkungan
Selain dari lokasi serta akses, hal lain yang juga tidak kalah penting adalah lingkungan yang hijau. Hal ini terutama berhubungan dengan pemanasan global dunia, banyak dari pengembang yang mulai menghadirkan proyek ramah lingkungan. Penerapannya sangatlah beragam, dimulai dari mempertahankan sampat menata ruang terbuka nan hijau, penggunaan bahan baku serta penerapan desain yang ramah lingkungan dengan menanam pohon,.

Pada jalan sebuah lingkungan hunian, penanaman tumbuhan tertentu bisa memberikan suasana nyaman yang teduh. Contohnya saja, tanaman trembesi yang bisa membentuk “kanopi alami”. Jalanan yang teduh yang menyejukkan itu membuat suasana sebuah kawasan menjadi sangat menyenangkan dan enak dipandang.  Tapi, tentu saja dibutuhkan sebuah komitmen dari pengembang itu sendiri dan penghuninya, mengingat tanaman seperti ini tidaklah tumbuh dalam sehari.

Ide lain yang menarik kembali dicoba para pengembang, yaitu dengan men-desain rumah energi surya. Penggunaan teknologi photovoltaic pada rumah tipe-tipe atau kelas-kelas tertentu mampu mengurangi beban listrik sekaligus juga mempersiapkan cadangan listrik untuk antisipasi jika sewaktu-waktu listrik PLN mati.

Tapi, langkah itu sebenarnya wujud nyata usaha mengurangi emisi CO2 di udara bumi sebagai antisipasi dari pemanasan global. Bagi konsumen yang tidak atau belum memahami, pemakaian panel photovoltaic dikhawatirkan bisa mengurangi estetika sebuah rumah. Tapi, karena telah direncanakan sebuah desain yang  terpadu dari awal, penempatan panel photovoltaic tersebut di atap rumah tidaklah mengganggu estetika. Begitu pula penempatan dari alat kontrol serta baterai, semuaperlut tertata rapi hingga tidak mengganggu estetika juga.

Akhirnya, kawasan berkembang yang lengkap dengan fasilitas serta hunian nan menyenangkan akan menaikkan nilai jual sebuah properti. Maka dari itu, properti masih merupakan alternatif investasi yang sangat menggiurkan. Ini tergantung dari tujuan investasi itu, properti menjadi pilihan karena nilainya yang terus menaik.

Selain rumah tinggal, jenis properti lain yang marak ditawarkan sebagai investasi ialah kondotel atau kondominium hotel. Sebuah konsep yang belumlah terlalu lama diperkenalkan di Indonesia ini, kini sedang mulai dilirik juga, apalagi bila berada di lokasi yang tepat serta ditangani oleh pihak yang berkompeten.

Melihat berbagai perkembangan terbaru seputar property ini, sekarang dan ke depan para pelaku bisnis properti ini tampak sangat optimistis. Tentu saja bukan cuma optimisme kosong belaka… ini karena mereka tetap dituntut untuk jeli melihat peluang pasar serta terus berinovasi.