Home » Desain Arsitektur, Konstruksi

Atap Carport

- -

desain-rangka-struktur-model-bentuk-gambar-atap-carport

Desain carport adalah terdiri dari dinding, bagian lantai, dan atap carport dan rangka penutup atapnya. Bagaimana dengan struktur atap pada carport?  Struktur untuk menahan rangka atap carport dibagi ke dalam tiga tipe:

1.Tipe struktur yang berdiri sendiri : maksudnya adalah struktur berdiri sendiri dan ditopang di keempat titik utama, atau dapat juga dengan hanya dua titik utama sisanya menggunakan metode kantilever. Kolom pada penopang bisa dipilih yang terbuat dari kolom beton, besi, kayu, baja, ataupun kombinasi dari beberapa bahan tersebut. Untuk penampilan luar kolom bisa dipilih yang sesuai dengan model desain carport itu sendiri.

2.Tipe struktur yang menempel sebagian : letak carport yang berada dekat dengan rumah atau bangunan utama akan sangat menguntungkan. Struktur rangka pada atap carport bisa dibuat rapat atau menempel dengan sisi rumah. Metode ini akan menekan biaya konstruksi carport nantinya. Cuma terdiri dengan dua titik kolom sebagai penopang, atap carport-pun sudah cukup kuat berdiri dan kokoh. Agar penampilannya menarik, maka konstruksi carport ada baiknya menggunakan sistem serta material yang sejalan desain atau konstruksi rumah, ini agar terlihat lebih sewarna atau senada.

3.Tipe Struktur menggantung : struktur gantung ini merupakan struktur atap kantilever dengan dibantu tahanan sling besi atau sling baja. Cara ini akan memungkinkan bagi penutup atap carport untuk menggantung bebas tanpa memerlukan beberapa kolom tambahan. Maka diperlukan material yang cukup ringan untuk hal ini. Struktur seperti ini umumnya menerapkan jenis atap yang datar. iDEAOnline

Baca Artikel Menarik Lainnya...!