Home » Properti

Apa Town House Itu?

- -

Walau saat ini mulai menjamur lingkungan hunian seperti ini, namun tidak sedikit masyarakat yang belum tahu Apa Town House Itu.

Keamanan merupakan salah satu pertimbangan utama bagi orang saat memilih rumah. Oleh karena itu, banyak orang yang memilih pada town house yang menawarkan konsep satu pintu gerbang dengan petugas jaga selama 24 jam.

Ini merupakan satu dari banyak kelebihan yang didapatkan dengan memilih town house. Lalu, apa arti town house itu? Town house sebenarnya merupakan kompleks kecil yang terdiri dari rumah-rumah yang dibangun dengan berjajar. Jumlah rumah tersebut terbatas, tidak seperti kompleks perumahan biasa yang umumnya terlalu banyak. Setidaknya  hanya 30 unit rumah yang ada di sebuah lingkungan town house. Lingkungan town house ini juga tertutup alias berupa Muster.contoh_desain_town_house

Umumnya, desain town house mempunyai fasilitas bersama, seperti club house, kolam renang, serta ruang terbuka. Oleh sebab itu, orang-orang juga menyebut jenis hunian ini dengan sebutan setengah apartemen, setengah komplek biasa rumah.

Tapi Anda jangan terlalu terpaku dengan definisi yang disebutkan di atas. Karena belakangan ini semakin banyak proyek yang memakai nama town house. Padahal kalau dilihat konsepnya berbeda sekali dengan rumah bandar yang benarnya. Contohnya, ada yang pengembang yang membangun dengan jumlah 100 unit dan menyebut hunian tersebut tersebut sebagai town house. Pada akhirnya, pengertian town house menjadi meragukan masyarakat.

Di Indonesia sendiri, tren arsitek rumah town house sudah mulai berkembang semenjak pertengahan tahun 1990-an. Saat itu, perumahan kecil tersebut lebih melirik para ekspatriat sebagai target pasar. Oleh karena itu, sebagian dari rumah-rumah di town house kemudian disewakan (dikontrakan) kepada para pekerja asing, yang hanya sementara tinggal di Indonesia ini.

Istilah dari town house sebenarnya diadopsi dari Amerika. Di negara tersebut rumah bandar dikenal dengan sebutan row house. Tetapi pada akhirnya diganti namanya jadi town house untuk kepentingan marketing. Hanya proyek di Indonesia belum memakai seutuhnya dari konsep negara tersebut, di mana rumah ini memiliki ruang parkir di bawahnya.

Di kawasan Jakarta Selatan atau selatan Jakarta menjadi salah satu tempat paling favorit bagi arsitek town house dan para pengembang untuk mem bangun town house ini. Sebab daerah tersebut mempunyai nilai jual yang tinggi. Bahkan, sebagian besar kalangan menilai tinggal di selatan Jakarta ini memiliki prestise yang lebih dibanding dengan wilayah lain. Tak heran town house menjamur di Jakarta Selatan atau selatan Jakarta..

Tetapi bukan berarti town house tidak memiliki kekurangan. Ada sejumlah kelemahan dari perumahan yang di sebut town house ini.

Pertama: karena jumlah penghuni yang tinggal di dalam perumahan ini sedikit, sosialisasi juga menjadi terbatas bagi para penghuninya.

Kedua: penghuninya tidak boleh sembarang merubah desain rumah yang mereka miliki tersebut. Ada aturan mainnya untuk tinggal di town house.

(Sumber: www.kompas.com – KONTAN/Anna Suci)