Home » Umum

Apa Lampu LED Itu ?

- -

Penjelasan Tentang LED

Bagi Anda yang ingin mengetahui apa lampu LED itu?, bacalah artikel ini. Kepanjangan LED ialah Light Emitting Diode. LED merupakan peralatan elektronik kecil atau semikonduktor yang dapat memancarkan cahayanya saat dilewati oleh arus. Hampir semua energi yang terpancarkan oleh LED muncul dlm spectrum yang dapat dilihat oleh mata manusia.




Keunggulan Dari Teknologi Lampu LED:

  • Daya pancar serta intensitas yang tinggi
  • Amat efisiensi
  • Membutuhkan power sangat rendah
  • Tahan terhadap goncangan ataupun getaran
  • Tidak memancarkan sinar Ultra Violet (UV)
  • Mudah untuk dikontrol dan diprogram

 

LED Merupakan Teknologi Masa Depan

Berapa tahun belakangan ini, teknologi lampu LED kian memasyarakat, maka amat disayangkan jika Anda baru mengetahuinya dari artikel ini. Dengan perkembangan teknologi serta metode manufaktur, LED bisa digunakan ke dalam berbagai aplikasi. Dan seiring semakin berkembangnya teknologi tersebut dan semakin luas penerapannya, maka dioda pemancar cahaya adalah merupakan pilihan yang menarik untuk seluruh kondisi pencahayaan.

Lampu LED Dapat Tahan Lama

LED memang memiliki daya tahan yang jauh lebih lama jika dibandingkan dengan lampu teknologi sebelumnya, namun usia LED ini tetap bergantung dari kualitas merknya. Walau tahan jauh lebih lama dibanding lampu pihar ataupun TL, kinerja LED tetap akan turun seiring dengan usianya. Lampu LED bisa tahan dalam waktu 30,000 sampai dengan 100,000 jam, atau 50 x lebih tahan lama jika dibandingkan dengan lampu pijar (200 jam) atau 10 kali lebih tahan lama jika dibandingkan dengan lampu TL (10.000 jam). Umur lampu LED juga bergantung dari suhu sekitar, besaran tegangan, simpangan listrik, penurunan panas, dll.