Home » Properti

Anda Tidak Punya Uang Membeli Rumah?

- -

Permintaan akan rumah bagi masyakarakat saat ini semakin tinggi saja. Membeli rumah merupakan impian semua orang, apalagi bagi mereka yang baru baru berumah tangga. Walau mungkin tak semua masyarakat dapat memenuhi keinginannya akan rumah, apalagi dengan kondisi perekonomian negara saat ini yang tidak kondusif, harga tanah semakin mahal, harga bahan bangunan yang fluktuasi, semakin tingginya angka pengangguran serta semakin tak imbangnya antara biaya pemenuhan kebutuhan hidup dengan pendapatan masyarakat. Malahan mungkin lebih dari 75% masyarakan kita tidak punya uang untuk membeli rumah.




Banyak orang berpikir dengan cara menabung merupakan cara paling ampun agar dapat memenuhi rencana membeli rumah, tetapi cobalah sekali lagi dipikirkan, saat kita mulai berhemat ataupun menabung bertahun-tahun sampai uang dirasa cukup imtil membeli rumah, tentunya Anda tahu bahwa harga rumahpun akan semakin tinggi sesuai dengan terkumpulnya uang Anda. Nah, kesimpulannya bahwa ini tak akan pernah berhasil atau hampir mustahil, kecuali jika memang mendapat tambahan dana dari sumber lain. Sedangkan mencicil dari pihak pengembang melalui pendanaan bank, ini mungkin saja, walau nilai cicilannya semakin tinggi saat ini. Itupun Anda hanya mendapatkan rumah yang sebetulnya terlalu mahal jika dilihat dari sisi mutu rumah itu sendiri, entah itu permainan dari pihak pengembang, ataupun permainan dari birokrasi negara ini.

Baiklan, pada artikel ini kami memcoba memberikan beberapa tips atau cara yang dapat kita tempuh guna membeli rumah bagi yang tidak mampu, bahkan bagi Anda yang tidak mempunyai uang. Dan Anda tak perlu mengubur impian memiliki rumah. Apalagi tips kami ini mungkin dapat mematahkan Anda yang berpendapat bahwa: Memiliki rumah di tengah kota itu adalah mimpi.

  • Pertama-tama yang perlu dilakukan ialah mencari informasi bank apa saja yg memiliki fasilitas kredit kepemilikan rumah (KPR) bagi para nasabahnya, lalu anda harus informasi juga apa saja persyaratannya ataupun yang apa saja perlu disiapkan guna keperluan mendapatkan kredit rumah itu, daan yang juga penting  adalah: anda harus mengetahui berapa harga maksimum yang bisa diajukan ke bank dalam pengajuan kredit kepemilikan rumah.
  • Setelah melakukan tahapan yang kami jelaskan di atas, mulailah untuk mencari rumah yang diinginkan, tapi ingatlah bahwa usakan mencari rumah dengan harga murah. Rajinlah mencari informasi di suatu tempat mengenai warganya yang ingin menjual rumah karena benar-benar terdesak. Tentunya kita tahu bahwa orang yang menjual rumah karena terdesak akan menjualnya semurah mungkin.
  • Jika Anda telah menemukan rumah yang dimaksud dan sesuai dengan keinginan, maka segeralah minta pihak bank untuk menaksir atau menilai berapa harga rumah itu. Ingat bahwa rumah yang Anda dapatkan tersebut adalah rumah dengan harga yang miring, dan kemungkinan besar pihak bank akan menaksir lebih tinggi dari nilai normalnya. Jika benar bahwa harga yang ditaksir pihak bank ternyata lebih tinggi. daripada harga normal, maka rumah tersebut kemungkinan besar pengajuan kredit Anda pada bank akan disetujui, tentunya jika Anda memiliki persyaratan yang cukup. Namun terlebih dahulu pastikan kalau surat-surat rumah tersebut adalah sertifikat yang asli.
  • Lalu datangi sipenjual guna menjelaskan kalau Anda sepakat membeli rumah dengan mencicil pada bank, artinya adalah bahwa nanti yang akan membayar lunas pada penjual ialah pihak bank.
  • Setelah itu datangi lagi pihak bank untuk mulai mengajukan kredit senilai dengan harga rumah yang telah ditaksir pihak bank tadi, dgn asumsi bahwa Anda sudah membayarkan tanda jadinya pada penjual, dgn begitu lalu nantinya kita tinggal mencicil saja pada pihak bank secara bulanan.
  • Lalu bagaimana dengan cicilannya yang harus Anda bayarkan perbulan? Jangan takut Anda tidak memiliki uang yang banyak untuk mencici, sebab untuk membayar cicilan tersebut nantinya, sewakan saja rumah tersebut pada pihak lain atau jadikan rumah tersebut kost-kostan jika memang rumah tersebut memiliki beberapa kamar. Jadi tentunya bukan Anda yang membayar cicilan tersebut,  tapi para penyewa tadi.

membeli-rumah-dengan-kredit-bankMemang proses yang kami uraikan tersebut tidak dapat terwujud jika Anda tidak berusaha mencari informasi sebanyak-banyaknya. Pada artikel ini kami hanya memberitahukan skenarionya saja dan untuk teknisnya nanti, sekali lagi: silahkan cari informasi sebanyak-banyakya. Ini akan lebih mudah lagi jika Anda dapat menemukan rumah yg tepat. Nah, daripada terus menabung membeli rumah, cara ini lebih mudah cepat dan jika beruntung Anda akan mendapatkan rumah tidak jauh dari pusat kota. Selamat mencoba, jika berhasil informasi juga pada teman yang belum punya uang untuk membeli rumah.