Home » Headline

Agar Fasad Rumah Tampak Modern

- -

Membuat rumah menjadi tampak modern dan lain daripada yang lain tidaklah mudah.. Apalagi bagi Anda yang tidak memiliki latar belakang dunia arsitektur. Namun dalam artikel ini, kami sedikit mengulas beberapa hal mengenai tips dan saran agar fasad rumah tampak modern. Coba perhatikan dan terapkan hal-hal berikut di bawah ini, agar rumah tampak modern dan tegas untuk fasad rumah minimalis Anda.

Gaya arsitektur rumah modern merupakan tren saat ini karena pengerjaannya yang relatif lebih cepat dibanding rumah-rumah bergaya lain (eg mediteran, tradisional, kontemporer dll), perawatannya juga lebih mudah. Namun secara keseluruhan tentunya tidak bisa hanya menerapkan pada bagian luar/ekterior-nya saja, bagian interiornya juga seharusnya tidak luput Anda perhatikan dalam berbagai hal agar terkesan modern.

Agar-Fasad-Rumah-Tampak-ModernTampilan rumah modern yang umumnya masyarakat juga menyebutnya dengan “desain rumah minimalis modern” yang berkesan sederhana, efisien ruanga, praktis dan fungsional sudah menjadi aturan baku dari fasad rumah model ini. Ini memang tidak perlu banyak dalam menggunakan sentuhan ornamen, juga tidak terlalu menerapkan detail yang rumit. Di bawah  ini kami berikan sedikit tips, saran, atau usulan ide bagaimana agar fasad rumah tampak modern.

1. Menggunakan material beton pada kanopi

kanopi-kantilever-jendela-rumah-modernDengan menggunakan kanopi atau kantilever yang terbuat dari beton, maka dapat memberikan kesan modern pada rumah Anda, dan ini juga berlaku pada desain rumah minimalis. Lagipula kanopi beton seperti ini juga dapat berfungsi sebagai pelindung jendela rumah dari curah hujan. Besaran atau ukurannya dapat disesuaikan dengan lebar jendela/pintu. Kanopi atau kantilever tersebut juga dapat diperindah dengan sedikit memolesnya, semisal menggunakan motif “profil” pada sisi-sisi luarnya.

 

2. Menggunakan permainan warna dan unsur garis

unsur-garis-pada-rumah-modern-minimalisUntuk menampilkan kesan modern pada rumah Anda cara lainnya adalah dengan menggunakan unsur garis dan permainan warna yang memikat. Rajin-rajinlah bereksperimen dengan warna ini atau coba konsultasikan pada ahlinya. Catatan dalam menerapkan warna ini, jangan terlalu bernafsu menggunakan warna yang berani pada setiap sisi ruangan. Sebagai contoh pada bagian interior, warna terang/berani dapat diterapkan pada salah satu sisi saja di ruangan keluarga, yang mana sisi ruangan ini nantinya Anda akan jadikan focal point seperti diding yang berada dibelakang TV atau dibelakan sofa panjang. Ini juga berlaku pada bagia eksterior bahwa tidak semua bagian/sisi perlu Anda terapkan warna-warna yang tegas dan berani.

Sering kita melihat orang-orang menggunakan warna grey/abu-abu pada rumah barunya. Memang warna ini pada desain rumah bernuansa modern ataupun hi-tech adalah warna netral nan lembut. Selain warna merah, Anda bisa menggunakan warna abu-abu. Warna ini biasanya dicocokan dalam desain rumah minimalis sehingga fasad rumah berkesan lembut.

Lalu unsur garis (bisa vertikal maupun horizontal) yang kami maksudkan di atas dapat berupa warna ataupun merupak unsur 3D, seperti list profil pada bagian bawah jendela, list profil pada bagian list plang dan lain-lain.

 

3. Menentukan desain pola lantai

lantai-keramik-rumah-modernBagian yang seharusnya tidak luput dari perhatian adalah lantai. Bagian ini harus ditentukan pola desainnya dari awal, baik dalam pemilihan corak ukuran maupun warna. Rajinlah mencari referensi untuk jenis, warna dan type keramik untuk lantai. Anda bisa berkonsultasi pada arsitek maupun langsung pada penjual, namun jika berkonsultasi pada penjual harus tetap jeli dalam menilai apakah penjual ini benar-benar tahu banyak tentang penggunaan keramik lantai atau hanya sekedar “yang penting dagangan cepat laku”. Cara lain yang juga efektif adalah dengan rajin-rajin mencari informasi di internet. Ini agar fasad rumah tampak modern sesuai dengan yang Anda idam-idamkan