Home » Desain Interior

10 Tips Mendekor Interior Rumah

- -

cara dekor interiorDengan mengubah susunan atau letak furnitur di dalam rumah, merubah letak vas bunga, lukisan atau sekesar mengganti gorden akan membuat interior rumah Anda terasa berbeda. Anda sebetulnya tidak perlu membeli pajangan baru apalagi membeli furnitur baru. Cobalah saran kami mengenai tips mendekor interior rumah.

  1. Dengan sedikit kreatifitas, Anda dapat membuat sendiri replika atau tiruan dari barang mahal untuk mendekor interior rumah. Permukaan furnitur ataupun barang tersebut dapat Anda lapisi dengan kertas yang bercorak marmer. Atau, untuk furnitur meja ataupun kursi, Anda juga dapat mengecat bagian kaki dengan warna emas.
  2. Anda juga bisa mengecar bagian dinding pada salah satu sisi saja dan tidak semua sisi dinding, mewarnai furnitur cukup sebagian. Intinya, tidak selalu furnitur ataupun sisi-sisi dinding tersebut memiliki satu warna.
  3. Letakkanlah buku Anda dengan posisi horizontal atau direbahkan. Meskipun tampak sederhana, tapi cara ini dapat membuat interior rumah Anda akan tampak lebih berbeda dan menarik. Dan cara ini juga mudah serta murah.
  4. Gantunglah lukisan dengan kabel yang sedikit panjang, hingga terlihat dengan jelas. Cara seperti ini tidak sebetulnya cukup lama dan memang biasa dilakukan oleh nenek kita, tapi ini bisa memberikan ilusi serta dapat membuat ruangan akan terasa lebih ringan.
  5. Ubahlah susunan gambar atau foto-foto di dinding misalnya dengan pola vertikal, horizontal ataupun melingkar. Rajinlah bereksperimen sampai Anda betul-betul nyaman melihatnya.
  6. Coba gunakan bantal panjang dan kotak (bentuk yang berbeda) di sofa ataupun di lantai yang berkarpet. Pilihlah ukuran bantal yang berbeda serta warna terang dang kontras.
  7. Jika di ruang tersebut terdapat meja kerja, maka cobalah diletakkan menghadap jendela. Cara ini selain lebih sehat juga akan terkesan lebih santai. Namun perhatikan jika tinggi meja melebih tinggi jendela terbawah, lebih tidak usah.
  8. Untuk kamar tidur, Anda bisa membuat hal-hal baru dan menarik seperti menempatkan bekas rangka kusen pada bagian belakang ranjang atau yang biasa disebut dengan headboard.
  9. Bereksperimen dengan desain sofa. Cobalah campurkan brbagai gaya furnitur seperti memadukan memadukan bentuk sofa “berkaki” dengan sofa “tanpa kaki”. Dengan memadukan dua gaya terserbut akan memberikan kesan ekletik istimewa.
  10. Tips mendekor interior rumah yang terakhir yaitu buatlah rumah Anda terkesan lebih tinggi, misalnya dengan menempatkan lukisan dan foto di atas rak atau pintu atau rak. Ini akan “Menggiring” mata orang untuk melihat ke arah atas dan membuat ruangan terkesan lebih besar dan tinggi.